Mardhiah, Neissaroh Al (2024) Proses morfofonemik dalam brosur pariwisata dan kaitannya dengan modul ajar teks deskripsi kelas VII SMP. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2011003050_JUDUL__240621084702.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_2011003050_BAB_I__240621023534.pdf Download (235kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2011003050_BAB_II__240621023534.pdf Restricted to Registered users only Download (335kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2011003050_BAB_III__240621023534.pdf Restricted to Registered users only Download (322kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2011003050_BAB_IV__240621023534.pdf Restricted to Registered users only Download (705kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2011003050_BAB_V__240621023534.pdf Restricted to Registered users only Download (91kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2011003050_DAFTAR_PUSTAKA__240621023534.pdf Download (212kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2011003050_LAMPIRAN__240621023534.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_2011003050_NASKAH_PUBLIKASI__240621023534.pdf Download (498kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan munculnya morfofonemik yang beraneka ragam dalam brosur pariwisata dengan jumlah yang relatif banyak. Meskipun demikian, kebaradaan morfofonemik kurang dikenal. Adapun tujuan penelitian ini yaitu: 1) mendeskripsikan jenis morfofonemik yang terdapat dalam prosur pariwisata; 2) mendeskripsikan kaidah pembentukan proses morfofonemik dalam brosur pariwisata; 3) mendeskripsikan bagaimana kaitan morfofonemik dalam brosur pariwisata dengan modul ajar teks deskripsi kelas VII SMP.
Penelitian ini merupakan penelitian jenis deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah brosur pariwisata di Daerah Istimewa Yogyakarta. Objek penelitian ini adalah morfofonemik dalam brosur pariwisata. Metode pengumpulan data penelitian ini adalah metode simak, teknik dasar sadap, dan teknik lanjutan Simak Bebas Libat Cakap (SBLC). Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri serta bantuan kartu data dan tabulasi data. Metode analisis data penelitian ini adalah metode distribusional, teknik dasar Bagi Unsur Langsung (BUL), dan teknik lanjutan ganti dan lesap.
Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa jenis morfofonemik yang terdapat dalam brosur pariwisata ditemukan sebanyak 360 data yang diklasifikasikan menjadi tiga jenis, yaitu morfofonemik tunggal, morfofonemik ganda, morfofonemik lebih dari dua. Morfofonemik tunggal terjadi pada pembentukan kata yang mengalami satu proses morfofonemik. Morfofonemik ganda terjadi pada pembentukan kata yang mengalami dua proses morfofonemik. Morfofonemik lebih dari dua terjadi pada pembentukan kata yang mengalami lebih dari dua, tiga proses morfofonemik. Kaidah morfofonemik menyesuaikan dengan jumlah morfofonemik yang terjadi di dalamnya. Kaidah morfofonemik tunggal hanya memiliki satu kaidah, ditemukan sebanyak 242 data. Kaidah morfofonemik ganda memiliki dua kaidah morfofonemik, ditemukan sebanyak 115 data. Kaidah morfofonemik lebih dari dua memiliki tiga kaidah morfofonemik, ditemukan sebanyak 3 data. Berdasarkan dengan analisis, morfofonemik banyak ditemukan dalam brosur pariwisata, di mana brosur pariwisata menerapkan konsep teks deskripsi. Kurikulum Merdeka merencanakan pembelajaran teks deskripsi pada kelas VII SMP melalui modul ajar. Modul ajar merencanakan kaidah kebahasaan teks deskripsi, salah satunya morfofonemik untuk diajarkan di kelas VII SMP.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Morfofonemik, brosur pariwisata, teks deskripsi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Indonesian Language and Literature Education (S1-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 27 Jun 2024 08:13 |
Last Modified: | 27 Jun 2024 08:13 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64662 |
Actions (login required)
View Item |