Analisis kesulitan belajar biologi kelas X dan XI di SMA Ali Maksum Yogyakarta tahun ajaran 2023/2024

Kurniyanto, Heru Dwi (2024) Analisis kesulitan belajar biologi kelas X dan XI di SMA Ali Maksum Yogyakarta tahun ajaran 2023/2024. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1700008061_JUDUL__240620034456.pdf

Download (939kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1700008061_BAB_I__240620034456.pdf

Download (120kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1700008061_BAB_II__240620034456.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1700008061_BAB_III__240620034456.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1700008061_BAB_IV__240620032822.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1700008061_BAB_V__240620032822.pdf
Restricted to Registered users only

Download (39kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1700008061_DAFTAR_PUSTAKA__240620032822.pdf

Download (114kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1700008061_LAMPIRAN__240620032822.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Belajar merupakan perkembangan dasar yang dimiliki seseorang. Melalui belajar manusia akan mengalami perubahan tingkah laku baik secara kognitif, psikomotorik maupun afektif. Proses pembelajaran di sekolah dipengaruhi oleh guru yang memiliki kamapuan untuk beradaptasi terhadap karakteristik siswa yang berbeda-beda. Kesulitan belajar merupakan hal yang wajar ditemukan ketika proses pembelajaran berlangsung. Kesulitan belajar yang ditemukan di SMA Ali Maksum adalah referensi buku biologi yang kurang memadai dan ditemukan nilai rata-rata kelas pada mata pelajaran biologi masih dibawah KKM. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pada faktor apa yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan belajar dan mengetahui materi biologi yang dianggap susah oleh siswa.
Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Sampel untuk penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI SMA Ali Maksum Yogyakarta berjumlah 80 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada 22-29 April 2024. Penelitian ini menggunakan teknik cluster sampling karena sumber data yang digunakan sangat luas. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket dan pedoman wawancara. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif deskriptif
Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor internal yang menyebabkan siswa kelas X mengalami kesulitan belajar adalah faktor fisiologis sebesar 52,99% berada dalam kategori sedang. Sedangkan untuk kelas XI faktor yang menyebabkan kesulitan belajar adalah faktor fisiologis sebesar 50,04% berada dalam kategori sedang. Faktor eksternal yang menyebabkan siswa kelas X mengalami kesulitan belajar biologi adalah faktor keluarga sebesar 72,92% berada dalam kategori tinggi sedangkan untuk kelas XI adalah faktor masyarakat sebesar 66,94% berada dalam kategori tinggi. Materi biologi yang dianggap sulit oleh siswa X adalah materi klasifikasi makhluk hidup, materi ekosistem dan materi virus. Sedangkan materi yang dianggap sulit oleh siswa kelas XI adalah materi organ tumbuhan, sistem peredaran darah manusia dan sistem gerak manusia.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Analisis, biologi, kesulitan, belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Biology Education (S1-Pendidikan Biologi)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 25 Jun 2024 03:55
Last Modified: 25 Jun 2024 03:55
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64682

Actions (login required)

View Item View Item