Pengembangan media pembelajaran MathCityMap berbasis problem based learning pada materi bangun ruang

Erdin, Nur Muna Afifah (2024) Pengembangan media pembelajaran MathCityMap berbasis problem based learning pada materi bangun ruang. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_2000006010_JUDUL__240620121307.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_2000006010_BAB_I__240620121307.pdf

Download (168kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_2000006010_BAB_II__240620121307.pdf
Restricted to Registered users only

Download (633kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_2000006010_BAB_III__240620121307.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_2000006010_BAB_IV__240620121307.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_2000006010_BAB_V__240620121307.pdf
Restricted to Registered users only

Download (71kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_2000006010_DAFTAR_PUSTAKA__240620121307.pdf

Download (85kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_2000006010_LAMPIRAN__240620121307.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Keterbatasan media pembelajaran yang dimiliki oleh SMP Muhammadiyah 2 Gamping menjadikan peserta didik tidak memiliki banyak variasi dalam pengalaman belajar. Pembelajaran yang diselenggarakan kebanyakan menggunakan metode pembelejaran ceramah. Selain itu, rendahnya hasil belajar peserta didik semakin mendorong peneliti untuk memberikan inovasi media pembelajaran yang diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar di luar kelas. Menggunakan platform MathCityMap, peneliti menyusun math trail yang dapat digunakan peserta didik untuk memahami konsep materi bangun ruang dengan perantara benda-benda nyata yang terdapat disekitar sekolah.
Jenis penelitian ini adalah jenis R&D (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation, dan evaluation). Subjek penelitian yaitu ahli media dan ahli materi serta siswa kelas VIIIB SMP Muhammadiyah 2 Gamping. Metode pengumpulan data untuk penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan angket. Melalui instrumen penelitian berupa lembar angket, peneliti menggunakan metode analisis data yaitu skala Likert.
Penelitian ini menghasilkan produk media pembelajaran pada platform MathCityMap yang terdiri atas sebuah Trail, didalamnya terdapat 8 buah task. Setelah produk melewati tahap penilaian oleh ahli media dan ahli materi serta melewati tahap uji coba pada kelas kecil dan kelas besar, dapat dinyatakan bahwa produk ini valid dan praktis sehingga dapat dipergunakan secara luas.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: MathCityMap, PBL, media pembelajaran, bangun ruang
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Mathematics Education (S1-Pendidikan Matematika)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 25 Jun 2024 01:22
Last Modified: 25 Jun 2024 01:22
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64688

Actions (login required)

View Item View Item