Strategi guru ISMUBA dalam pembinaan baca tulis Al-Qur’an di SMP Muhammadiyah Imogiri Bantul

Fadillah, Ayu Nur (2024) Strategi guru ISMUBA dalam pembinaan baca tulis Al-Qur’an di SMP Muhammadiyah Imogiri Bantul. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900031273_JUDUL__240620014305.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900031273_BAB_I__240620124826.pdf

Download (303kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900031273_BAB_II__240620124826.pdf
Restricted to Registered users only

Download (689kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900031273_BAB_III__240620124826.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900031273_BAB_IV__240620124826.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1900031273_BAB_V__240620124826.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900031273_DAFTAR_PUSTAKA__240620125840.pdf

Download (203kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1900031273_LAMPIRAN__240620125840.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Baca tulis Al-Qur’an adalah pembelajaran harus diperkenalkan dan diajarkan pada setiap jenjang pendidikan mulai dari SD, SMP, SMA, sampai dengan perguruan tinggi. Namum kemajuan teknologi serta pergaluan pada era sekarang, sangat mempengaruhi pada kemampuan anak-anak dalam baca tulis Al-Qur’an. Hal ini menyebabkan jarang dan banyak siswa bahkan mahasiswa perguruan tinggi sekalipun yang belum lancar dalam membaca Al-Qur’an ataupun dalam penulisan Al-Qur’an.
Jenis Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Pendekatan penelitian ini yaitu merupakan Deskriptif Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah Imogiri Bantul. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara serta dokumentasi. Dianjutkan dengan menganalisis data dengan redukasi data, penyajian data serta menarik kesimpulan.
Temuan penelitian ini menunjukkan bahwasannya: 1) alasan materi pelajaran baca tulis Al-Qur’an menjadi materi pokok yakni, dikarenakan baca tulis Al-Qur’an merupakan salah satu dari visi misi yang ada di SMP Muhammadiyah Imogiri Bantul selain itu, penekanan terhadap mata pelajaran baca tulis Al-Qur’an bertujuan untuk mencetak siswa SMP Muhammadiyah Imogiri Bantul yang mampu untuk membaca dan menulis Al-Qur’an serta, dapat menghafal minimal juz 30 sebagai syarat kelulusan. 2) siswa di SMP Muhammadiyah Imogiri Bantul sebagian besar mengalami kesulitan dalam membaca maupun menulis Al-Qur’an yang disebabkan oleh perbedaan latar belakang pendidikan sebelumnya. Adapun langkah untuk mengatasi kesulitan tersebut yakni, memberikan motivasi dan menginovasi pembelajaran baik secara individual maupun berkelompok supaya dapat menggali minat siswa dalam baca tulis Al-Qur’an. 3) strategi guru ISMUBA dalam membina baca tulis Al-Qur’an dilakukan dengan cara mengklasifikasikan siswa sesuai dengan kemampuannya dalam membaca tulis Al-Qur’an sehingga guru dapat menjangkau kemampuan siswa secara kesuluruhan dengan penerapan metode qiro’ati, baghdadiyah serta metode iqro’.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Startegi guru ISMUBA, pembinaan, baca tulis Al-Qur’an
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisi / Prodi: Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 25 Jun 2024 01:58
Last Modified: 25 Jun 2024 01:58
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64691

Actions (login required)

View Item View Item