Hikmatul Ulya, Annisa (2024) Kesiapan guru menggunakan TIK dalam pembelajaran pada era digital di SD Muhammadiyah Macanan. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1700005115_JUDUL__240626100215.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1700005115_BAB_I__240626100216.pdf Download (213kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1700005115_BAB_II__240626100216.pdf Restricted to Registered users only Download (482kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1700005115_BAB_III__240626100216.pdf Restricted to Registered users only Download (256kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1700005115_BAB_IV__240626100216.pdf Restricted to Registered users only Download (788kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1700005115_BAB_V__240626100216.pdf Restricted to Registered users only Download (190kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1700005115_DAFTAR_PUSTAKA__240626100216.pdf Download (420kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1700005115_LAMPIRAN__240626100216.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan teknologi di era digital menjadi sangat pesat dan berdampak pada berbagai sektor termasuk pendidikan. Sehubungan dengan berkembangnya teknologi, membuat guru harus beradaptasi terhadap perubahan tersebut sehingga guru dituntut untuk memiliki kesiapan.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tujuan dari penelitian ini yakni mendeskripsikan kesiapan guru menggunakan TIK dalam pembelajaran dan mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat kesiapan guru menggunakan TIK dalam pembelajaran pada era digital. Subjek dari penelitian ini yakni Kepala Sekolah, 6 guru kelas, dan 6 siswa. Data didapatkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian kesiapan guru menggunakan TIK dalam pembelajaran pada era digital di SD Muhammadiyah Macanan yaitu 1) Guru menunjukkan sudah siap secara keterampilan creativity, dilihat dari guru yang sudah menggunakan TIK dalam pembelajaran, mengenal kemampuan dasar digital dan online tools, mampu membuat atau memodifikasi media pembelajaran berbasis TIK secara mandiri, 2) Guru menunjukkan sudah siap secara keterampilan critical thinking dapat dilihat dari guru yang selalu membuat perencanaan sebelum melaksanakan pembelajaran, menggunakan TIK selain untuk keperluan pembelajaran saja tetapi juga digunakann untuk membuat administrasi, dan menyelesaikan masalah yang dihadapi secara mandiri, 3) Guru sudah siap secara keterampilan communication dilihat dari guru sudah mampu menyampikan informasi dengan baik dan jelas baik lisan maupun tulisan dengan memanfaatkan berbagai jenis media yaitu media audio, media visual, serta media audio visual, 4) Guru sudah siap secara keterampilan collaboration dilihat saat guru sudah mampu melakukan kolaborasi dengan peserta didik dan rekan sejawat. Faktor pendukung kesiapan guru menggunakan TIK dalam pembelajaran pada era digital di SD Muhammadiyah Macanan yaitu sarana dan prasarana yang memadahi, motivasi dan komitmen guru untuk terus belajar dalam menggunakan TIK, mengikuti pelatihan dan adanya peran kepala sekolah yang selalu memberi dukungan kepada guru untuk aktif memanfaatkan TIK dalam pembelajaran. Faktor penghambatnya yaitu adanya kesenjangan digital yang disebabkan oleh faktor usia.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Kesiapan, guru, TIK |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 11 Jul 2024 01:36 |
Last Modified: | 11 Jul 2024 01:36 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64813 |
Actions (login required)
View Item |