Fadillah, Khoeri (2024) Efektivitas konseling kelompok teknik self-talk untuk meningkatkan self-awareness pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Banjarsari. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000001029_JUDUL__240626061853.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000001029_BAB_I__240626061853.pdf Download (59kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000001029_BAB_II__240626061853.pdf Restricted to Registered users only Download (216kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000001029_BAB_III__240626061853.pdf Restricted to Registered users only Download (90kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000001029_BAB_IV__240626061853.pdf Restricted to Registered users only Download (230kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000001029_BAB_V__240626061853.pdf Restricted to Registered users only Download (18kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000001029_DAFTAR_PUSTAKA__240626061853.pdf Download (64kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000001029_LAMPIRAN__240626061853.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Self-awareness adalah kemampuan untuk mengenali dan memahami diri sendiri, termasuk nilai, kelemahan, emosi, dan
perilaku. Ini adalah keterampilan yang dapat membantu mengembangkan diri dan mencapai potensi penuh.Berdasarkan temuan yang diperoleh dari wawancara yang dilakukan dengan guru bimbingan dan konseling di SMA Negeri 2 Banjarsari, terdapat sebagian siswa menunjukkan tingkat self-awareness yang rendah. Guru bimbingan dan konseling perlu memberikan layanan bimbingan dan konseling dalam menyelesaikan permasalahan siswa yang berkaitan dengan self-awareness. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan konseling kelompok teknik self-talk untuk meningkatkan self-awareness siswa di SMA Negeri 2 Banjarsari.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Eksperimen dengan desain penelitian Pre-Eksperimental, menggunakan model One group pretest posttest design. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMA Negeri 2 Banjarsari berjumlah 8 orang yang dipilih menggunakan purposive sampling. Pemberian layanan konseling kelompok dilakukan menggunakan teknik self-talk, yang dilakukan sebanyak 5 kali pertemuan. Self-awareness diukur menggunakan skala self-awareness yang telah di uji validitas menggunakan rumus Product Moment yang menghasilkan 21 item pernyataan valid, sedangkan uji reliabilitas dilakukan dengan rumus Cronbach Alpha menghasilkan 0,753. Uji hipotesis menggunakan Paired Sampel T-Test dengan bantuan SPSS 25 karena data berdistribusi normal. Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok teknik self-talk efektif untuk meningkatkan self-awareness siswa di SMA Negeri 2 Banjarsari. Hal ini dilihat dari hasil uji Paired Sample TTest menunjukkan nilai (Sig.) (2-tiled) sebesar 0,000 ˂ 0,05, maka Ho tidak teruji kebenarannya dan Ha teruji kebenarannya.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Self-awareness, konseling kelompok, teknik self-talk, siswa |
Subjects: | L Education > LA History of education L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 15 Jul 2024 01:46 |
Last Modified: | 15 Jul 2024 01:46 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64865 |
Actions (login required)
View Item |