Pengembangan ensiklopedia negeriku : rumah adat nusantara berbasis indigenous knowledge untuk meningkatkan literasi budaya bagi siswa kelas IV Sekolah Dasar

Palupi, Ratri Madya (2024) Pengembangan ensiklopedia negeriku : rumah adat nusantara berbasis indigenous knowledge untuk meningkatkan literasi budaya bagi siswa kelas IV Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900005304_JUDUL__240626094609.pdf

Download (752kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900005304_BAB_I__240626094609.pdf

Download (410kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900005304_BAB_II__240626094609.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900005304_BAB_III__240626094609.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900005304_BAB_IV__240626094609.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1900005304_BAB_V__240626094609.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900005304_DAFTAR_PUSTAKA__240626094609.pdf

Download (167kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1900005304_LAMPIRAN__240626094609.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_1900005304_NASKAH_PUBLIKASI__240626094610.pdf

Download (771kB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilatar belakangi oleh terbatasnya bahan ajar yang inovatif untuk mata pelajaran IPAS serta kurangnya literasi budaya pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hasil pengembangan, kualitas dan keefektifan ensiklopedia negeriku : rumah adat nusantara berbasis indigenous knowledge bagi siswa sekolah dasar kelas IV. Penelitian ini menggunakan metode R&D. Model pengembangan mengikuti pendapat Dick and Carry dengan model ADDIE yaitu: Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi dan Evaluasi.
Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan (1) Ensiklopedia negeriku : rumah adat nusantara berbasis indigenous knowledge dikembangkan dengan model pengembangan ADDIE, Langkah-langkah pengembangannya yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan yang terakhir evaluasi. (2) kelayakan produk ensiklopedia dapat dilihat dari pilot test, yaitu one to one, penilaian ahli dan penilaian guru. Penilaian dari validator ahli materi memperoleh nilai 78 dengan kategori “baik”, ahli pembelajaran memperoleh nilai 80 dengan kategori “sangat baik” dan ahli bahasa memperoleh nilai 80 dengan kategori “ sangat baik, berdasarkan respon guru memperolah kategori “sangat baik” sedangkan respon siswa small group dan field trial memperoleh kategori “ sangat naik”. (3) efektivitas bahan ajar ensiklopedia negeriku ensiklopedia negeriku : rumah adat nusantara berbasis indigenous knowledge menunjukkan nilai rata-rata pre-test dan post-test.
Berdasarkan hasil uji T, nilai signifikan adalah 0.001 lebih kecil dari 0.05 artinya H0 di tolak H1 diterima sesta menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan dari pre-test dan post-test, sehingga bahan ajar ensiklopedia negeriku : rumah adat nusantara berbasis indigenous knowledge efektif dalam meningkatkan literasi budaya siswa kelas IV Sekolah Dasar, dengan demikian bahan ajar Ensiklopedia Negeriku : Rumah Adat Nusantara Berbasis Indigenous Knowledge efektif digunakan dalam meningkatkan literasi budaya pada pembelajaran IPAS kelas IV.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Ensiklopedia, rumah adat, indigenous knowledge, literasi budaya
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 02 Jul 2024 03:16
Last Modified: 02 Jul 2024 03:16
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64963

Actions (login required)

View Item View Item