Kurniasih, Endang (2024) Implementasi Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan mengenai pengawalan kendaraan yang memiliki hak utama di Kota Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000024134_JUDUL__240626022921.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000024134_BAB_I__240626015121.pdf Download (339kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000024134_BAB_II__240626015122.pdf Restricted to Registered users only Download (481kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000024134_BAB_III__240626015122.pdf Restricted to Registered users only Download (459kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000024134_BAB_IV__240626015122.pdf Restricted to Registered users only Download (202kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000024134_DAFTAR_PUSTAKA__240626015122.pdf Download (430kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000024134_LAMPIRAN__240626015122.pdf Restricted to Registered users only Download (533kB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_2000024134_NASKAH_PUBLIKASI__240626015122.pdf Download (1MB) |
Abstract
Dalam Pasal 134 ayat (1) Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan mengatur tentang kendaraan yang berhak mendapatkan pengawalan dari pihak kepolisian. Namun dalam praktiknya terdapat kendaraan yang tidak termasuk dalam pasal tersebut mendapat pengawalan, sehingga menimbulkan keresahan dan pelanggaran hukum. Tujuan Penelitian ialah untuk mengetahui implementasi Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dalam hal pengawalan kendaraan dengan hak utama di kota Yogyakarta serta untuk mengetahui hambatan dan upaya dalam pengimplementasian undang-undang tersebut. Jenis penelitian ini ialah normatif-empiris. Metode pengumpulan data primer dilakukan dengan wawancara dengan Satlantas Polresta Yogyakarta dan data sekunder diperoleh dari Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Analisis data menggunakan metode deskriptif-kualitatif yaitu mengolah data hasil wawancara dan dokumen kemudian disusun, dinterpretasi, dan diurai untuk mengidentifikasi pola, tema, atau hubungan yang muncul untuk dapat ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat faktor internal dan eksternal dalam proses pengawalan kendaraan dengan hak utama di kota Yogyakarta. Proses pengawalan membutuhkan pengajuan permohonan yakni sesuai prosedur yang berlaku atau secara lisan apabila dalam situasi darurat, pengawalan dilakukan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) untuk menjaga keamanan dan keselamatan.hambatan pengawalan ini ialah kemacetan dan kecelakaan lalu lintas serta disparitas perlakukan dalam pengawalan. upaya yang dapat dilakukan dengan penertiban arus lalu lintas, evaluasi dan perbaikan berkelanjutan, peningkatan kapasitas personel, edukasi masyarakat, dan rekayasa lalu lintas.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Hukum; pengawalan kendaraan; hak utama; kepolisian; UU LLAJ |
Subjects: | K Law > K Law (General) K Law > KZ Law of Nations |
Divisi / Prodi: | Faculty of Law (Fakultas Hukum) > S1-Law Science (S1-Hukum) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 02 Jul 2024 03:20 |
Last Modified: | 02 Jul 2024 03:20 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64965 |
Actions (login required)
View Item |