Pengaruh intensitas tadarus Al-Qur’an terhadap kecerdasan emosional siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Gamping

Oktafiona, Tri Cahyani (2024) Pengaruh intensitas tadarus Al-Qur’an terhadap kecerdasan emosional siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Gamping. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_2000031215_JUDUL__240624122604.pdf

Download (796kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_2000031215_BAB_I__240622063315.pdf

Download (242kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_2000031215_BAB_II__240622063315.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_2000031215_BAB_III__240622063315.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_2000031215_BAB_IV__240622063315.pdf
Restricted to Registered users only

Download (479kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_2000031215_BAB_V__240622063315.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_2000031215_DAFTAR_PUSTAKA__240622063315.pdf

Download (173kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_2000031215_LAMPIRAN__240622063315.pdf
Restricted to Registered users only

Download (675kB) | Request a copy

Abstract

Intensitas tadarus al-Qur’an mampu menjadi sorotan semangat seseorang dalam membaca dan mempelajari al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari. Kecerdasan emosional termasuk dalam kemampuan seseorang dalam menilai, mengontrol, dan mengelola emosi dengan baik pada diri sendiri maupun dengan orang lain, Dimana proses membaca al-Qur’an adalah salah satu cara yang efektif dalam meningkatkan kecerdasan emosional. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui pengaruh dan besaran pengaruh intensitas tadarus al-Qur’an terhadap kecerdasan emosional pada siswa.
Metode yang digunakan pada penelitian ini merupakan metode penelitian kuantitatif, dengan jenis pendekatan asosiatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Muhammadiyah Gamping dengan sampel sebanyak 112 siswa dari total populasi sebanyak 156 siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Gamping. Penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kaidah Slovin dengan Teknik Proportionate stratified random sampling. Variabel independent (X) dalam penelitian ini adalah intensitas tadarus al-Qur’an, sedangkan variabel dependen (Y) dalam penelitian ini adalah kecerdasan emosional. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan analisis regresi linear sederhana dengan menggunakan bantuan aplikasi oleh SPSS Statistik 26 for Windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara intensitas tadarus al-Qur’an terhadap kecerdasan emosional siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Gamping dikarenakan Ha diterima pada angka kepercayaan 95�ngan nilai signifikansi lebih kecil dari α 0,05. Besaran pengaruh intensitas tadarus al-Qur’an terhadap kecerdasan emosional siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Gamping yakni dengan nilai memiliki tingkat hubungan yang sedang dengan nilai R sebesar 0,568 dan R Square 32,3%.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Intensitas tadarus Al-Qur’an, kecerdasan emosional, siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisi / Prodi: Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 29 Jun 2024 08:43
Last Modified: 29 Jun 2024 08:43
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64973

Actions (login required)

View Item View Item