Pratama, Ifan (2024) Keefektifan layanan konseling kelompok realita untuk meningkatkan perencanaan karir siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1700001054_JUDUL__240701112212.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1700001054_BAB_I__240701112212.pdf Download (258kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1700001054_BAB_II__240701112212.pdf Restricted to Registered users only Download (250kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1700001054_BAB_III__240701112212.pdf Restricted to Registered users only Download (288kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1700001054_BAB_IV__240701112212.pdf Restricted to Registered users only Download (472kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1700001054_BAB_V__240701112212.pdf Restricted to Registered users only Download (192kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1700001054_DAFTAR_PUSTAKA__240701112212.pdf Download (194kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1700001054_LAMPIRAN__240701112212.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Muhammadiyah 3 Yogyakarta, menyatakan bahwa perencanaan karir
siswa kelas XI masih kurang terlaksana dengan baik. Guru bimbingan dan
konseling SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta juga menyatakan bahwa
jarang memberikan konseling kelompok realita dalam memberikan layanan
kepada siswa, khusunya pada perencanaan karir. Berdasarkan permasalahan
di atas, maka peneliti tertatik untuk melakukan penelitian yang berjudul
“Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Realita dalam Perencanaan
Karir Siswa SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta”. Pendekatan penelitian
ini merupakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini akan menguji variabelvariabel yang diteliti terhadap sampel penelitian.
Kemudian hasil penelitian ini akan digeneralisasikan pada jumlah
populasi 20% dari 58 siswa kelas XI Teknik Komputer Jaringan (8 siswa).
Jenis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan jenis
eksperimen.Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui keefektifan
layanan konseling kelompok teknik Wants, Doing, Evaluation, and Planing
(WDEP) untuk meningkatkan perencanaan karir siswa kelas XI SMK
Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Desain dari penelitian ini yaitu One – Group
Pretest - Postest dengan rumus O1 X O2. Teknik pengumpulan data
menggunakan skala/angket.
Hasil penelitian terjadi peningkatan perencanaan karir siswa.
Sebelum diberikan treatment, skor rata-rata perencanaan karir siswa yakni
33,37 setelah diberikan treatment skor rata-rata perencanaan karir siswa
kelas XI TKJ SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta menjadi 59,62. Maka dari
hasil pretest dan posttest terjadi peningkatan dengan skor rata-rata 26,25.
Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa layanan
koneling kelompok realita efektif untuk meningkatkan perencanaan karir
siswa kelas XI TKJ SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Sebelum siswa
mendapatkan treatment kategori perencanaan karirnya berada pada kategori
rendah, namun setelah mendapatkan treatment kategori perencanaan
karirnya ada pada kategori sedang/tinggi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Keefekitifan, kelompok realita, perencanaan karir, WDEP |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 02 Jul 2024 03:28 |
Last Modified: | 02 Jul 2024 03:28 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/65040 |
Actions (login required)
View Item |