Nuryanah, Rena (2023) Nilai-nilai pendidikan dalam buku Pantun Jenaka kumpulan puisi anak negeri karya Yose Rizal sebagai alternatif bahan ajar di SMP. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900003108_JUDUL__230413121716.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900003108_BAB_I__230413121716.pdf Download (57kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900003108_BAB_II__230413121716.pdf Restricted to Registered users only Download (137kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1900003108_BAB_III__230413121716.pdf Restricted to Registered users only Download (36kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1900003108_BAB_IV__230413121716.pdf Restricted to Registered users only Download (407kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1900003108_BAB_V__230413121716.pdf Restricted to Registered users only Download (99kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900003108_DAFTAR_PUSTAKA__230413121716.pdf Download (142kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1900003108_LAMPIRAN__230413121716.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_1900003108_NASKAH_PUBLIKASI__230413121716.pdf Download (343kB) |
Abstract
Pantun merupakan salah satu karya sastra jenis puisi lama. Berdasarkan isinya, pantun dapat dikelompokkan menjadi beberapa jenis, yakni pantun agama, pantun adat, pantun nasihat dan pantun jenaka. Beragam pantun tersebut mengandung nilai-nilai yang tersirat di dalam bait-baitnya, salah satunya ialah nilai pendidikan. Untuk membahas aspek nilai tersebut digunakanlah kajian semiotik Riffaterre. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan signifikansi dalam pantun nasihat, dan mendeskripsikan pantun jenaka sebagai alternatif bahan ajar di SMP.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah pantun nasihat dalam buku Pantun Jenaka karya Yose Rizal, dengan objek penelitian terbagi menjadi dua, yaitu objek penelitian material berupa pantun Jenaka karya Yose Rizal dan objek formalnya berupa nilai pendidikan sesuai dengan tahap semiotika Riffaterre serta alternatif bahan ajar materi Puisi Rakyat kelas VII SMP. Metode simak dan teknik catat digunakan dalam pengumpulan data. Peneliti berperan sebagai human instrument dalam instrumen pengumpulan data dengan bantuan kartu data dan tabulasi data. Keabsahan data diuji menggunakan teknik kecermatan dan ketekunan. Teknik analisis data dilakukan dengan cara analisis deskriptif kualitatif dengan pembacaan semiotik menurut Michael Riffaterre.
Hasil penelitian yang didapatkan yaitu, (1) Signifikansi dalam buku pantun Jenaka karya Yose Rizal menggunakan tahap pembacaan semiotik Riffaterre, yakni pembacaan heuristik, hermeneutik, matriks, model, dan varian, serta hipogram. Nilai-nilai yang terkandung berupa, (a) nilai pendidikan agama yang memuat ajaran, perintah, dan larangan dalam agama Islam; (b) nilai pendidikan moral memuat ajaran mengenai perilaku manusia seperti bersikap, bertutur kata, berbudi pekerti; (c) nilai pendidikan estetika memuat keindahan pada bait data; (d) nilai pendidikan sosial memuat tata cara, peraturan, dan hukum bersosialisasi; (e) nilai pendidikan adat memuat kewajiban melestarikan adat istiadat. Hipogram, didapati 27 ayat Al-Quran, 8 hadits riwayat, 1 sabda rasul, serta 1 permendikbud. (2) Pantun nasihat ini didominasi oleh data yang dapat dijadikan sebagai alternatif bahan ajar materi Puisi Rakyat di SMP, sedangkan beberapa data lainnya belum dapat dijadikan bahan ajar karena belum memenuhi aspek-aspek tersebut.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Nilai-nilai pendidikan, buku pantun jenaka, bahan ajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Indonesian Language and Literature Education (S1-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 15 Jul 2024 01:49 |
Last Modified: | 15 Jul 2024 01:49 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/65126 |
Actions (login required)
View Item |