Pengembangan media ensiklopedia edukatif mitigasi bencana alam berbasis indigenous knowledge pada kelas V SD

Pratiwi, Puja Intan (2023) Pengembangan media ensiklopedia edukatif mitigasi bencana alam berbasis indigenous knowledge pada kelas V SD. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1600005286_JUDUL__230731063751.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1600005286_BAB_I__230731063751.pdf

Download (146kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1600005286_BAB_II__230731063751.pdf
Restricted to Registered users only

Download (597kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1600005286_BAB_III__230731063751.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1600005286_BAB_IV__230731063751.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1600005286_BAB_V__230731063751.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1600005286_DAFTAR_PUSTAKA__230731063751.pdf

Download (301kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1600005286_LAMPIRAN__230731063751.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu sarana yang efektif dalam mengurangi risiko bencana dengan memasukkan materi pelajaran tentang bencana alam sebagai pelajaran wajib bagi setiap siswa di semua tingkatan. Membangun pemahaman mengenai mitigasi bencana alam pada tema–tema yang ada dalam kurikulum 2013 dan disesuaikan dengan karakteristik peserta didik diperlukan media sebagai perantara. Media yang cocok yaitu berupa ensiklopedia dengan pengembangan yang dilakukan yaitu berbasis indigenous knowledge pada kelas IV Sekolah Dasar. Indigenous knowlegde sebagai pengetahuan tradisional dan lokal yang ada dan dikembangkan melalui pengalaman masyarakat lokal dalam proses mengelola kondisi atau konteks yang menantang kehidupan sehari-hari masyarakat. Dengan demikian tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan dan mendeskripsikan kualitas pengembangan media ensiklopedia edukatif materi penanggulangan bencana alam dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas IV sekolah dasar.
Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE meliputi analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), Implementasi (implementation), evaluasi (evaluation). Desain uji coba pada penelitian ini dilakukan kepada uji validasi ahli media, ahli materi, ahli pembelajaran, ahli bahasa,respon peserta didik dan respon guru kelas. Penelitian ini menggunakan teknik analisis datauntuk mengolah data yang diperoleh menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan langkah-langkah pengembangan media ensiklopedia edukatif materi mitigasi bencana alam berbasis indigenous knowledge dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas IV sekolah dasar mengacu pada model pengembangan ADDIE yaitu analysis (tahap analisis), design (tahap desain), develop (tahap pengembangan), implementation (tahap implementasi produk), evaluation (tahap evaluasi). Kualitas pengembangan media ensiklopedia edukatif berdasarkan hasil validasi ahli media memperoleh kategori baik, ahli materi memperoleh kategori sangat baik, ahli pembelajaran memperoleh kategori sangat baik, penilaian dari guru memperoleh kategori sangat baik, dan penilaian dari siswa memperoleh kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Ensiklopedia edukatif, mitigasi, bencana alam, indigenous knowledge, sekolah dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 11 Jul 2024 01:46
Last Modified: 11 Jul 2024 01:46
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/65129

Actions (login required)

View Item View Item