Ramadhani, Zaidan (2023) Pengembangan media movable book interaktif budaya hidup sehat bagi siswa kelas IV sekolah dasar. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900005079_JUDUL__230821091023.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900005079_BAB_I__230821091023.pdf Download (146kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900005079_BAB_II__230821091023.pdf Restricted to Registered users only Download (458kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1900005079_BAB_III__230821091023.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1900005079_BAB_IV__230821091023.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1900005079_BAB_V__230821091023.pdf Restricted to Registered users only Download (116kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900005079_DAFTAR_PUSTAKA__230821091023.pdf Download (191kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1900005079_LAMPIRAN__230821091024.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_1900005079_NASKAH_PUBLIKASI__230821091024.pdf Download (245kB) |
Abstract
Kesehatan merupakan sebuah dambaan bagi semua manusia. Semua orang akan berlomba lomba untuk mencapai derajat tertinggi dalam mewujudkan kesehatan yang optimal. Kesehatan yang optimal datang dari diri sendiri seseorang melalui pembiasaan yang dilakukan sehari hari. Proses pembiasaan yang dilakukan sehari hari akan menjadi sebuah budaya yang dilaksanakan dalam kehidupan sehari hari tanpa adanya paksaan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis tahapan pembuatan, kualitas dan kelayakan media movable book interaktif bagi siswa kelas IV sekolah dasar.
Jenis penelitian menggunakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE yaitu analysis/analisis, design/desain, development/ pengembangan,implementation/implementasi dan evaluation/evaluasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan teknik wawancara pra penelitian dan angket. Desain uji coba dilakukan dengan validasi ahli medua, ahli materi, ahli pembelajaran, dan respon siswa serta guru pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan (PJOK). Teknik analisis data dari penelitian ini menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa saran dan masukan dari validasi ahli, respon siswa dan guru PJOK. Data kuantitatif berupa hasil penilaian dari validasi ahli, respon siswa, dan guru PJOK. Subyek sasaran implementasi media adalah siswa kelas IV dan guru PJOK SD Negeri 3 Imogiri.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data sebagai berikut. Penilaian oleh ahli media mendapatkan skor 91,7 dengan kategori “Sangat Baik”. Hasil validasi oleh ahli materi mendapatkan skor 93,9 dengan kategori “Sangat Baik”. Hasil validasi oleh ahli pembelajaran mendapatkan skor 85 dengan kategori “Baik”. Hasil uji coba media menunjukkan bahwa hasil respon siswa mendapatkan skor 96,4 dengan kategori “Sangat Baik” dan respon guru PJOK mendapatkan skor 98,4 dengan kategori “Sangat Baik”. Perolehan skor akhir dari ahli validasi, respon siswa dan guru PJOK mendapatkan skor 95 dengan kategori “Sangat Baik”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media movable book interaktif budaya hidup sehat sangat layak untuk digunakan dalam sebagai media pembelajaran dalam proses pembelajaran PJOK di sekolah dasar kelas IV.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Pengembangan media, movable book, interaktif, budaya hidup sehat, sekolah dasar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 11 Jul 2024 02:31 |
Last Modified: | 11 Jul 2024 02:31 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/65131 |
Actions (login required)
View Item |