Hasanambella, Milla (2023) Pengembangan media modul untuk meningkatkan percaya diri siswa terhadap rendahnya status sosial ekonomi orang tua siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 7 Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1800001155_JUDUL__230831123207.pdf Download (962kB) |
|
Text (BAB I)
T1_1800001155_BAB_I__230831123207.pdf Download (140kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1800001155_BAB_II__230831123207.pdf Restricted to Registered users only Download (364kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1800001155_BAB_III__230831123207.pdf Restricted to Registered users only Download (170kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1800001155_BAB_IV__230831123207.pdf Restricted to Registered users only Download (468kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1800001155_BAB_V__230831123207.pdf Restricted to Registered users only Download (120kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1800001155_DAFTAR_PUSTAKA__230831123207.pdf Download (234kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1800001155_LAMPIRAN__230831123207.pdf Restricted to Registered users only Download (932kB) | Request a copy |
Abstract
Dasar dari penelitian ini adalah percaya diri perlu dimiliki oleh setiap individu. Individu merasakan yakin pada diri sendiri ketika ia melakukan pekerjaan yang sesuai dengan passion atau keinginannya, atau bisa diartikan melakukan kegiatan yang sesuai dengan profesionalismenya. Anak kan merasa percaya diri ketika mampu mengerjakan semua hal sampai selesai dengan baik, tidak terjadi permasalahan yang muncul. Kemampuan siswa yang dapat dilihat yaitu mampu menemukan dan berani mengemukakan ide-ide yang positif, berhasil menemukan kemampuan spesifik atau bakat yang dimiliki serta mampu menunjukkan melalui cara yang positif. Penelitian ini bertujuan guna mengetahui bagaimana Pengembangan Media Modul untuk Meningkatkan Percaya Diri Siswa terhadap rendahnya Status Sosial Ekonomi Orang tua SMP Muhammadiyah 7 Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan RnD (research and Development). Pendekatan yang digunakan ialah penelitian Borg and Gall yang hanya menggunakan tahap pertama hingga kelima saja yang meliputi: 1) Potensi dan masalah; 2) Pengumpulan data; 3) Desain produk; 4) Validasi desain; 5) Revisi desain. Siswa kelas VIII digunakan peneliti menjadi subjek penelitian. pengumpulan data menggunakan data observasi dan instrumen lembar penilaian oleh ahli media dan ahli materi terhadap media modul Meningkatkan percaya Diri Terhadap Rendahnya Status Sosial Ekonomi Orang tua.
Hasil penelitian uji ahli yang diperoleh dari pengembangan modul meningkatkan percaya diri terhadap rendahnya status sosial ekonomi orang tua memperoleh hasil penilaian uji ahli media sebesar 87,5 dengan perolehan kategori sangat baik yaitu bahwasannya media dapat dikembangkan dan uji ahli materi sebesar 86,67 dengan perolehan sangat baik yaitu bahwasannya matei mampu dipahami. Maka dapat disimpulkan dari beberapa penilaian para ahli bahwa media modul yang dikembangkan layak digunakan sebagai bahan media bimbingan dan konseling.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Percayaan diri, status sosial ekonomi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 11 Jul 2024 03:23 |
Last Modified: | 11 Jul 2024 03:23 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/65158 |
Actions (login required)
View Item |