Astuti, Rike Dwi (2023) Implementasi program Adiwiyata dalam kegiatan partisipatif ramah lingkungan di SD Muhammadiyah Bodon. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1800005021_JUDUL__230516083333.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1800005021_BAB_I__230516083333.pdf Download (93kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1800005021_BAB_II__230516083333.pdf Restricted to Registered users only Download (183kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1800005021_BAB_III__230516083334.pdf Restricted to Registered users only Download (114kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1800005021_BAB_IV__230516083334.pdf Restricted to Registered users only Download (727kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1800005021_BAB_V__230516083334.pdf Restricted to Registered users only Download (17kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1800005021_DAFTAR_PUSTAKA__230516083334.pdf Download (10kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1800005021_LAMPIRAN__230516083334.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_1800005021_NASKAH_PUBLIKASI__230516083334.pdf Download (777kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi permasalahan lingkungan hidup sehingga penting untuk dilakukan penelitian tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan program Adiwiyata dalam kegiatan partisipatif ramah lingkungan di SD Muhammadiyah Bodon dan 2) mendiskripsikan faktor pendukung dan penghambat program Adiwiyata dalam kegiatan partisipatif ramah lingkungan di SD Muhammadiyah Bodon. Tujuan penelitian ini adalah,1) mendeskripsikan program Adiwiyata dalam kegiatan partisipatif ramah lingkungan di SD Muhammadiyah Bodon, 2) mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat program adiwiyata dalam kegiatan partisipatif ramah lingkungan di SD Muhammadiyah Bodon.
Jenis penelitian ini adalah penelitian Kualitatif pendekatan Deskriptif. Subjek penelitian ini terdiri dari 1 Kepala Sekolah, 1 Ketua Tim Adiwiyata, 2 Guru kelas dan 3 siswa. Objek penelitian ini yaitu Program Adiwiyata dalam kegiatan partisipatif ramah lingkungan yang ada di SD Muhammadiyah Bodon. Teknik pengumpulan data melalui Wawancara, Observasi, Dokumentasi. Keabsahan data menggunakan Triangulasi Teknik dan Triangulasi Sumber. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data,reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Implementasi Program adiwiyata dalam kegiatan partisipatif ramah lingkungan di SD Muhammadiyah Bodon berjalan dengan baik hal ini dapat dilihat dari, 1) SD Muhammadiyah Bodon memiliki berbagai kegiatan yang dilakukan oleh seluruh warga sekolah yaitu kepala sekolah, guru, karyawan, siswa dan dibantu oleh komite sekolah serta orang tua siswa. 2) Menjalin kemitraan dalam rangka perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup dengan berbagai pihak diantaranya: Dinas Lingkungan Hidup, komite, orang tua, masyarakat sekitar, kelurahan, puskesmas, kecamatan. Faktor Pendukung yaitu banyak pihak-pihak dari instansi yang mendukung program sekolah Adiwiyata di SD Muhammadiyah Bodon yang melibatkan beberapa instansi, kelurahan, kecamatan, kepolisian, guru karyawan dan komite sekolah hingga wali murid. Faktor Penghambat yaitu bimbingan dan pembiasaan sejak dini untuk menumbuhkan peduli terhadap lingkungan pada peserta didik.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Pengelolaan lingkungan hidup, Adiwiyata, kegiatan partisipatif |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 08 Jul 2024 02:56 |
Last Modified: | 08 Jul 2024 02:56 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/65165 |
Actions (login required)
View Item |