Rahmawati, Umi (2023) Pembaharuan pendidikan Islam KH. Ahmad Dahlan dan aktualisasinya dalam pendidikan Islam era modern. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900031058_JUDUL__230516081152.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900031058_BAB_I__230516081152.pdf Download (235kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900031058_BAB_II__230516081152.pdf Restricted to Registered users only Download (321kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1900031058_BAB_III__230516081152.pdf Restricted to Registered users only Download (201kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1900031058_BAB_IV__230516081152.pdf Restricted to Registered users only Download (298kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1900031058_BAB_V__230516081152.pdf Restricted to Registered users only Download (8kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900031058_DAFTAR_PUSTAKA__230516081152.pdf Download (187kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1900031058_LAMPIRAN__230516081152.pdf Restricted to Registered users only Download (310kB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang pada penelitian ini adalah pada saat sebelum kemerdekaan Indonesia terdapat dua sistem pendidikan, yaitu pendidikan Barat berbasis sekolah formal yang didirikan oleh pemerintah Hindia-Belanda, dan pendidikan non formal berupa pesantren yang dikelola oleh para Kiai. Kedua jenis pendidikan tersebut tentu tidak sama, jika pendidikan formal yang didirikan oleh Barat tidak
memasukkan tentang ilmu-ilmu agama, sedangkan pendidikan non formal (pesantren) tidak memasukkan materi-materi umum. Sedangkan pembaharuan pendidikan Islam menurut KH. Ahmad Dahlan, menggabungkan antara ilmu umum dan ilmu agama. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui konsep pembaharuan pendidikan Islam dan mengetahui aktualisasi konsep pembaharuan pendidikan Islam di era modern.
Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif denganpendekatan kepustakaan (library research). Pada pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode dokumenter (dokumentasi), yaitu proses pengumpulan dan penyimpanan informasi dalam bentuk dokumen atau arsip. Sedangkan teknik analisis data menggunakan content analysis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep dari pembaharuan pendidikan Islam KH. Ahmad Dahlan terdiri dari lima pembaharuan yaitu: (1) pembaharuan tujuan pendidikan, (2) pembaharuan kurikulum dan metode
pembelajaran, (3) pembaharuan materi, pembaharuan kelembagaan, dan (5) sarana prasarana, dan pembaharuan lintas iman. Aktualisasi pembaharuan pendidikan Islam yang dilakukan KH. Ahmad Dahlan di era modern masih relevan, terdapat penambahan dan perbaikan konsep pembaharuan pendidikan Islam di era modern ini di mana disesuaikan dengan perkembangan zaman yang semakin berkembang.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | KH. Ahmad Dahlan, pembaharuan pendidikan Islam, pendidikan Islam era modern |
Subjects: | L Education > LA History of education L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 08 Jul 2024 06:09 |
Last Modified: | 08 Jul 2024 06:09 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/65174 |
Actions (login required)
View Item |