Izmayana, Ya'yalatama (2023) Usulan perbaikan sepatu olahraga futsal brand CALCI menggunakan Kansei Engineering (KE). S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900019035_JUDUL__231129121018.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900019035_BAB_I__231129121018.pdf Download (619kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900019035_BAB_II__231129121018.pdf Restricted to Registered users only Download (183kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1900019035_BAB_III__231129121018.pdf Restricted to Registered users only Download (85kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1900019035_BAB_IV__231129121018.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1900019035_BAB_V__231129121018.pdf Restricted to Registered users only Download (207kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900019035_DAFTAR_PUSTAKA__231129121018.pdf Download (127kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1900019035_LAMPIRAN__231129121018.pdf Restricted to Registered users only Download (881kB) | Request a copy |
Abstract
CALCI adalah brand lokal asli dari Indonesia perusahaan CALCI berdiri pada tahun 2001. Nama calci sendiri terinspirasi dari bahasa italia yaitu calcio yang artinya sepak bola. Berdasarkan wawancara langsung yang peneliti lakukan di UKM Futsal UAD yang menggunakan produk CALCI yaitu, Ardyanda, Arya, dan Arizalu mereka mengatakan sepatu Futsal CALCI masih memiliki kelemahan dari segi desain yang belum mengikuti tren terkini, pemilihan bahan baku pada bagian midsole dan outsole sepatu kurang empuk, monoton dan durability yang masih kurang baik. Oleh karena itu perlu dilakukan perancangan desain ulang terhadap produk sepatu futsal CALCI dengan menyesuaikan permintaan konsumen. Tujuan penelitian ini menentukan desain sepatu futsal yang futuristik dan pemilihan bahan baku yang baik.
Metode Kansei Engineering merupakan metode penelitian yang digunakan dalam menilai serta mengembangkan produk atau jasa mencangkup tanggapan keinginan konsumen. Penggunaan metode ini peneliti dapat mengidentifikasi ekspresi perasaan/emosi konsumen dan selanjutnya mengartikanya ke dalam sebuah desain. Responden dalam penelitian ini adalah UKM Futsal Uad, Mercubuana dan Komunitas Barayunk. Adapun tahapan yang digunakan metode kansei engineering yaitu pengumpulan kansei word, pengelompokan kansei word, uji validasi kansei word kepada konsumen, penyebaran kuesioner semantic differensial, uji kecukupan data, perancangan desain ulan produk sepatu futsal, validasi desain kepada konsumen.
Hasil penelitian menggunakan metode kansei Engineering, didapatkan kansei word sebanyak 16 kata dijadikan sebagai acuan melakukan perancangan desain ulang produk dengan menggunakan Software Delcam Crispin Shoes Maker dan SolidWork 2019. Didapatkan 1 desain produk sepatu futsal terbaru yaitu produk lebih midsole empuk, insole empuk, desain menarik, desain inovatif, awet, outsole bertekstur, memiliki ventilasi, berteknologi, bahan berkualitas, ringan, warna menarik, outsole menarik, lidah sepatu empuk, nyaman digunakan shooting menggunakan punggung kaki, desain sesuai bentuk kaki, outsole empuk. Berdasarkan hasil pengujian validasi menggunakan kuesioner tertutup kepada konsumen, bahwa desain produk sepatu futsal sudah sesuai dengan keinginan konsumen
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | CALCI, delcam cripsin, kansei engineering, sepatu futsal, solidworks |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Industrial Engineering (S1-Teknik Industri) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 12 Jul 2024 01:35 |
Last Modified: | 12 Jul 2024 01:35 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/65315 |
Actions (login required)
View Item |