Efektivitas bimbingan kelompok teknik problem solving tentang manajemen waktu belajar pada siswa kelas VII MTS Ma’had Islamy Banguntapan

Nugraha, Adinnu Muhammad Yaquti (2023) Efektivitas bimbingan kelompok teknik problem solving tentang manajemen waktu belajar pada siswa kelas VII MTS Ma’had Islamy Banguntapan. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1800001119_JUDUL__230619061034.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1800001119_BAB_I__230619061034.pdf

Download (818kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1800001119_BAB_II__230619061035.pdf
Restricted to Registered users only

Download (814kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1800001119_BAB_III__230619061035.pdf
Restricted to Registered users only

Download (980kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1800001119_BAB_IV__230619061035.pdf
Restricted to Registered users only

Download (825kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1800001119_BAB_V__230619061035.pdf
Restricted to Registered users only

Download (671kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1800001119_DAFTAR_PUSTAKA__230619061035.pdf

Download (819kB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini berdasarkan wawancara guru bimbingan dan konseling yaitu masih ada siswa yang belum bisa memanajemen waktu belajarnya atau waktu belajarnya masih berantakan, bahkan ketika disekolah masih ada yang tidak atau lupa dalam mengerjakan tugas, banyak mengobrol ketika dikelas. Manajemen waktu belajar dilakukan untuk membantu dalam mengubah perilaku yang lebih disiplin dalam pembagian waktu belajar yang efektif dengan kegiatan lain dengan memanfaatkan waktunya sebaik dan semaksimal. Penggunaan bimbingan kelompok teknik problem solving dilakukan untuk siswa dapat membantu mengatasi masalah yang dialami dengan suasana kelompok sehingga dapat saling bertukar pikiran dalam pemcahan masalah tersebut.
Pendekatan yang dilakukan pada penelitian ini adalah kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan yaitu pre-experimental. Desain pre-experimental pada penelitian ini menggunakan one group pretest - posttest design. Penelitian ini dalam penentuan subjek menggunakan purposive sample. Subjek penelitian yaitu pada kelas VII MTs Ma’had Islamy Banguntapan yang berjumlah 4 siswa. Adapun Uji Validitas dengan menggunakan korelasi Product moment yang dilakukan pada 37 butir pernyataan dari 50 butir pernyataan dengan r tabel yaitu 0.279 dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach dengan hasil 0.867. Analisis data penelitian menggunakan paired sample t-test dengan menggunakan spss.Berdasarkan dari hasil penelitian terjadi peningkatan pada manajemen waktu belajar setelah mengikuti layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving tedapat kenaikan skor dengan rata-rata 23,25. Hasil pretest skor rata-rata siswa yaitu 80. Lalu, pada hasil Posttest skor rata-rata naik menjadi 103,25. Berdasarkan analisis data menggunakan uji t-test menunjukkan bahwa nilai sig. (2-tailed) yaitu 0.000 < nilai sig. 0.05. Sehingga Ha dapat diterima dan Ho ditolak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah layanan bimbingan kelompok teknik problem solving efektif dalam meningkatkan manajemen waktu belajar siswa kelas VII MTs Ma’had Islamy Banguntapan.
Tindak lanjut dari penelitian ini diharapkan guru bimbingan dan konseling dapat memberikan layanan bimbingan kelompok ataupun layanan lainnya secara rutin guna membantu meningkatkan manajemen waktu belajar pada siswa sehingga dapat meningkatkan pengembangan dirinya dalam menunjang hubungan sosial dengan prestasinya disekolah

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Manajemen waktu belajar, bimbingan kelompok, problem solving
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 11 Jul 2024 07:58
Last Modified: 11 Jul 2024 07:58
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/65318

Actions (login required)

View Item View Item