Strategi pembelajaran guru akhlak dalam pembentukan akhlak siswa melalui strategi problem based learning dan strategi project based learning di SMP Muhammadiyah 10 Yogyakarta

Ramadhan, Abdan Syakur (2023) Strategi pembelajaran guru akhlak dalam pembentukan akhlak siswa melalui strategi problem based learning dan strategi project based learning di SMP Muhammadiyah 10 Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900031253_JUDUL__230621125600.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900031253_BAB_I__230619102519.pdf

Download (494kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900031253_BAB_II__230619102519.pdf
Restricted to Registered users only

Download (592kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900031253_BAB_III__230619102519.pdf
Restricted to Registered users only

Download (727kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900031253_BAB_IV__230619102519.pdf
Restricted to Registered users only

Download (600kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1900031253_BAB_V__230619102519.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900031253_DAFTAR_PUSTAKA__230619102519.pdf

Download (445kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1900031253_LAMPIRAN__230619102519.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan siswa yang disebabkan oleh media sosial, seperti: tiktok yang berlebihan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) memahami gambaran akhlak siswa, (2) memahami strategi pembelajaran guru akhlak dalam pembentukan akhlak siswa melalui strategi problem based learning dan strategi project based learning, (3) memahami faktor pendukung dan penghambatnya.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) gambaran akhlak siswa ketika berinteraksi dengan guru, ketika proses pembelajaran serta ketika bermedia sosial masih terkategori baik dan masih dalam taraf yang wajar walaupun terdapat sebagian siswa yang kurang baik dalam berinteraksi dengan para guru, (2) Strategi pembelajaran yang dilakukan oleh guru akhlak dalam pembentukan akhlak siswa di SMP Muhammadiyah 10 Yogyakarta ialah: pertama, strategi problem based learning dan yang kedua, strategi project based learning, (3) Faktor pendukung strategi pembelajaran guru akhlak terdapat tiga faktor, yaitu guru-guru yang saling suport atau mendukung, fasilitas sekolah yang mewadahi dan bahan ajar. Faktor penghambat strategi pembelajaran guru akhlak terdapat dua faktor, yaitu orang tua dan media sosial.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Strategi pembelajaran, guru, akhlak, siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisi / Prodi: Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 11 Jul 2024 04:19
Last Modified: 11 Jul 2024 04:19
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/65338

Actions (login required)

View Item View Item