Agustina, Silfiya (2023) Implementasi penggunaan buku paket Pendidikan Akidah Akhlak dan dampaknya terhadap motivasi belajar peserta didik kelas VIII di SMP Muhammmadiyah 10 Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900031109_JUDUL__230621120947.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900031109_BAB_I__230621120947.pdf Download (510kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900031109_BAB_II__230621120947.pdf Restricted to Registered users only Download (429kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1900031109_BAB_III__230621120947.pdf Restricted to Registered users only Download (824kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1900031109_BAB_IV__230621120947.pdf Restricted to Registered users only Download (886kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1900031109_BAB_V__230621120947.pdf Restricted to Registered users only Download (166kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900031109_DAFTAR_PUSTAKA__230621120947.pdf Restricted to Registered users only Download (227kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T1_1900031109_LAMPIRAN__230621120947.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat belajar peserta didik dalam menggunakan buku paket Pendidikan Akidah Akhlak. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui seberapa penting implementasi penggunaan buku paket pendidikan Akidah Akhlak di SMP Muhammadiyah 10 Yogyakarta, (2) mengetahui apa saja dampak implementasi penggunaan buku paket Pendidikan Akidah Akhlak, (3) apa saja kendala dan solusi implementasi penggunaan buku paket Pendidikan Akidah Akhlak di SMP Muhammadiyah 10
Yogyakarta.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun uji keabsahan data dilakukan dengan trianggulasi data, dimana data yang diperolah didapatkan dari beberapa sumber dan dengan teknik yang berbeda-beda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi penggunaan buku paket pendidikan Akidah Akhlak di SMP Muhammadiyah 10 Yogyakarta dilakukan dalam 4 bentuk yaitu: (1) kebijakan sekolah, (2) penentuan KKM, (3) Proses pembelajaran dan (4) Evaluasi pembelajaran. Dalam proses mengimplementasikan buku paket pendidikan Akidah Akhlak di SMP Muhammadiyah 10 Yogyakarta terdapat dampak positif dan negatif terhadap motivasi belajar peserta didik. Dampak positifnya yaitu membuat peserta didik akan jauh lebih bersemangat membaca, karena dalam proses pembelajaran selalu melibatkan buku paket. Dampak negatifnya yaitu bagi peserta didik yang tidak suka membaca membuat peserta didik tersebut merasa bosan dan akan menganggu aktivitas proses pembelajaran di kelas.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Implementasi, buku paket, motivasi belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 11 Jul 2024 04:30 |
Last Modified: | 11 Jul 2024 04:30 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/65344 |
Actions (login required)
View Item |