Kristanto, Wahyu (2023) Pendidikan Islam Modern dalam perspektif K.H. Ahmad Dahlan. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1500031034_JUDUL__230203024944.pdf Download (853kB) |
|
Text (BAB I)
T1_1500031034_BAB_I__230203024944.pdf Download (290kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1500031034_BAB_II__230203024944.pdf Restricted to Registered users only Download (212kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1500031034_BAB_III__230203024944.pdf Restricted to Registered users only Download (195kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1500031034_BAB_IV__230203024944.pdf Restricted to Registered users only Download (239kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1500031034_BAB_V__230203024944.pdf Restricted to Registered users only Download (129kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1500031034_DAFTAR_PUSTAKA__230203024944.pdf Download (193kB) |
Abstract
K,H, Ahmad Dahlan. ini tentu tidak bisa lepas dari peran Muhammadiyah, kita sama-sama tahu bahwasanya K.H Ahamad Dahlan telah banyak berperan dalam
pendidikan di Indonesia .
Jenis Penelitian ini merupakan penelitian pustaka (library research). Teknik
pengumpulan data menggunakan buku, jurnal, majalah dan media-media yang
lainnya. Dilanjutkan dengan menganalisis data dengan reduksi data, penyajian
data serta menarik kesimpulan.
Hasil penelitian adalah Pendidikan Islam Modern diartikan sebagai
pendidikan yang menyeimbangkan antara kecerdasan akal (IQ), kecerdasan
emosional (EQ), dan kecerdasan spiritual (SQ). Sehingga ruang lingkupnya
berupa keilmuan keagamaan dan keilmuan umum. Bentuk pendidikan semacam
ini dikembangkan oleh K.H. Ahmad Dahlan sebagai upaya pembaruan dalam
pendidikan Islam sekaligus menjawab perbedaan tujuan antara pendidikan
pesantren dan pendidikan kolonial saat penjajahan Belanda di Indonesia berabad
lalu, dan hasil dari pembaruan tersebut terus berkembang hingga saat ini melalui
organisasi bentukannya yaitu Muhammadiyah. Hasil pembaruannya berupa
konsep integralistik dalam pendidikan Islam yang diwujudkan dengan tujuan
mengarahkan manusia menjadi muslim yang memiliki budi pekerti luhur yaitu
alim perihal agama, luas pandangan berarti alim tentang ilmu-ilmu umum dan
bersedia untuk berjuang demi kepentingan kemajuan umat. Selain itu, konsep
integralistik juga terwujud melalui peran guru dan murid yang menekankan pada
pembentukan karakter sehingga murid mampu mengembangkan diri dan
kepribadiannya dengan baik.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Pendidikan, Islam modern, K.H Ahmad Dahlan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 28 Sep 2024 04:36 |
Last Modified: | 28 Sep 2024 04:36 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/75424 |
Actions (login required)
View Item |