Abyan Hanif, Faishal (2023) Strategi pendampingan hafalan Al Quran anak tuna rungu di Pondok Pesantren Daarul Ashom. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1800031254_JUDUL__230309064704.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1800031254_BAB_I__230309064704.pdf Download (485kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1800031254_BAB_II__230309064704.pdf Restricted to Registered users only Download (497kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1800031254_BAB_III__230309064704.pdf Restricted to Registered users only Download (974kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1800031254_BAB_IV__230309064704.pdf Restricted to Registered users only Download (986kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1800031254_BAB_V__230309064704.pdf Restricted to Registered users only Download (288kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1800031254_DAFTAR_PUSTAKA__230309064704.pdf Restricted to Registered users only Download (232kB) | Request a copy |
Abstract
STRATEGI PENDAMPINGAN HAFALAN AL QUR’AN ANAK TUNARUNGU DI PONDOK PESANTREN DAARUL ASHOM YOGYAKARTA
Faishal Abyan Hanif
Abstrak
Pendidikan spiritual merupakan hal penting khususnya bagi pemeluk agama islam, salah satunya yakni menghafal dan mempelajari Al Qur’an. Disabilitas tunarungu dengan kekurangannya dalam mendengar membutuhkan bantuan yang lebih dibandingkan dengan anak yang normal.Penelitian ini akan membahas tentang strategi, faktor pendukung dan penghambat dalam pendampingan hafalan Al Qur’an anak tunarungu di pondok pesantren Daarul Ashom.
Penelitian ini dilakukan di pondok pesantren Daarul Ashom. Metode penelitian berupa penelitian kualitatif deskriptif dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi dalam mengetahui data lapangan. Pada penelitian ini menggunakan tiga teknik analisis utama yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1. Strategi pendampingan hafalan Al Qur’an anak tunarungu di pesantren Daarul Ashom menggunakan metode Isyarat Huruf Hijaiah. kegiatan pra-tahfiẓ yang diperuntukan bagi santri Daarul Ashom untuk mempelajari isyarat huruf hijaiah, proses hafalan di pesantren Daarul Ashom dengan isyarat dan tulisan. Menetapkan kriteria keberhasilan yaitu kemampuan siswa dalam penyimbolan dan penulisan huruf hijaiah 2. Faktor pendukung dalam pendampingan hafalan Al Qur’an anak tunarungu di pondok pesantren Daarul Ashom adalah guru atau ustaz yang berkompeten, konsisten menggunakan satu mushaf dan lingkungan yang kondusif. Faktor penghambat dalam pendampingan hafalan Al Qur’an anak tunarungu di pondok pesantren Daarul Ashom adalah keterbatasan ustaz, artikulasi dan ruang kegiatan belajar.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | userperpus3 userperpus3 |
Date Deposited: | 25 Sep 2024 07:54 |
Last Modified: | 25 Sep 2024 07:54 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/75445 |
Actions (login required)
View Item |