NAFISAH RAHMAHNINGSIH, RIZQI (2023) Pengembangan media audio visual berbasis Animaker pada pembelajaran teks cerita fantasi di SMP. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1800003115_JUDUL__230302124548.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1800003115_BAB_I__230302124548.pdf Download (183kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1800003115_BAB_II__230302124548.pdf Restricted to Registered users only Download (444kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1800003115_BAB_III__230302124548.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1800003115_BAB_IV__230302124548.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1800003115_BAB_V__230302124548.pdf Restricted to Registered users only Download (164kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1800003115_DAFTAR_PUSTAKA__230302124548.pdf Restricted to Registered users only Download (161kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T1_1800003115_LAMPIRAN__230301015319.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_1800003115_NASKAH_PUBLIKASI__230301015319.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya media pembelajaran yang kurang kreatif, interaktif, dan inovatif sebagai penunjang kegiatan pembelajaran agar siswa menjadi aktif dan tidak mudah merasa bosan. Oleh sebab itu, media audio visual berbasia Animaker perlu dikembangkan pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas VII SMP. Tujuan pengembangan ini adalah untuk mengembangkan media audio visual berbasis Animaker pada pembelajaran teks cerita fantasi kelas VII di SMP, untuk mengetahui kelayakan media audio visual berbasis Animaker pada pembelajaran teks cerita fantasi kelas VII di SMP, dan untuk mengetahui keefektifan media audio visual berbasis Animaker pada pembelajaran teks cerita fantasi kelas VII di SMP.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian pengembangan (Research and Development) R&D dengan model pengembangan ADDIE. Subjek yang digunakan pada penelitian ini yaitu para ahli media, ahli materi, ahli pengajaran, dan siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kebumen sebagai pengguna media pembelajaran. Objek penelitian berupa pengembangan media audio visual yang berisi materi teks cerita fantasi kelas VII. Teknik dan instrumen pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti yaitu menggunakan analisis data deskriptif-kuantitatif.
Penelitian ini menunjukkan hasil analisis media pembelajaran yang telah dikembangkan mendapatkan kategori “Sangat Layak”. Nilai rata-rata yang diperoleh dari para ahli dan pengguna media yang berjumlah 87,30. Skor rata–rata diperoleh dari ahli media sebesar 92, ahli materi 79, ahli pengajaran 89, pengguna media sebesar 89,18. Dari perhitungan kefektifan menggunakan uji independent t-test pada SPSS, hasil sig (2-tailed) senilai 0,000 yang menujukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa menggunakan media audio visual berbasis Animaker. Berdasarkan hasil uji kefektifan pada pengembangan media audio visual berbasis Animaker pada pembelajaran teks cerita fantasi sangat efektif diimplementasikan pada pembelajaran di kelas.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Media pembelajaran, animaker, dan teks cerita fantasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Indonesian Language and Literature Education (S1-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 30 Sep 2024 04:41 |
Last Modified: | 30 Sep 2024 04:41 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/75558 |
Actions (login required)
View Item |