Saputri, Nuriza Adheatma (2024) Pengembangan media pembelajaran matematika menggunakan genially berpendekatan kontekstual pada materi sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000006040_JUDUL__240626125554.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000006040_BAB_I__240626125554.pdf Download (316kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000006040_BAB_II__240626125554.pdf Restricted to Registered users only Download (488kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000006040_BAB_III__240626125554.pdf Restricted to Registered users only Download (335kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000006040_BAB_IV__240626125554.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000006040_BAB_V__240626125554.pdf Restricted to Registered users only Download (241kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000006040_DAFTAR_PUSTAKA__240626125554.pdf Download (252kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000006040_LAMPIRAN__240626125554.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya media pembelajaran matematika yang digunakan pada proses pembelajaran SMP N 1 Bejen, Temanggung. Pada proses pembelajaran diperlukan media pembelajaran yang mendukung dan memudahkan peserta didik khususnya pada saat pembelajaran matematika. Pada penelitian ini mengembangkan media pembelajaran matematika pada materi SPLDV menggunakan platform genially. Tujuan dari penelitian ini yaitu memperoleh media pembelajaran yang valid dan praktis.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluasi). Instrumen yang digunakan berupa angket validasi ahli materi, ahli media dan respon peserta didik. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP N 1 Bejen, Temanggung.
Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini berupa media pembelajaran matematika menggunakan genially yang memuat materi SPLDV. (2) Berdasarkan uji kevalidan, media pembelajaran dari segi materi memperoleh persentase 84,21% dengan kriteria valid. Sedangkan untuk segi media memperoleh persentase 86,88% dengan kriteria valid. (3) Berdasarkan uji kepraktisan, untuk uji coba kelas kecil memperoleh persentase 87,08% dengan kriteria sangat praktis sedangkan uji coba kelas besar memperoleh persentase 87,075 dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran valid dan praktis digunakan pada proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Media pembelajaran, genially, sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Mathematics Education (S1-Pendidikan Matematika) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 28 Sep 2024 07:37 |
Last Modified: | 28 Sep 2024 07:37 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/75591 |
Actions (login required)
View Item |