Sakina, Intan Nur (2024) Studi deskriptif profil kepercayaan diri siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1700001045_JUDUL__240704095106.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1700001045_BAB_I__240703052816.pdf Download (195kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1700001045_BAB_II__240703052816.pdf Restricted to Registered users only Download (177kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1700001045_BAB_III__240703052816.pdf Restricted to Registered users only Download (275kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1700001045_BAB_IV__240703052816.pdf Restricted to Registered users only Download (254kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1700001045_BAB_V__240703052816.pdf Restricted to Registered users only Download (147kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1700001045_DAFTAR_PUSTAKA__240703052816.pdf Download (153kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1700001045_LAMPIRAN__240703052816.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Kepercayaan diri penting untuk siswa beradaptasi dilingkungan baru terlebih saat siswa masuk ke sekolah baru. Hasil wawancara dengan Guru Bimbingan dan Konseling di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta menyampaikan bahwa tingkat kepercayaan diri siswa kelas VII masih ada beberapa yang kurang. Dengan ciri-ciri siswa merasa tidak percaya diri ketika berinteraksi didepan kelas, sulit berbaur dengan teman, sulit mengungkapkan pikiran, perasaan dan pendapatnya kepada orang lain, Sehingga hal tersebut akan mengakibatkan tujuan yang ingin dicapai oleh siswa itu menjadi sulit terwujud. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepercayaan diri siswa.
Metode penelitian yang digunakan yakni metode deskriptif kuantitatif. Responden dalam penelitian ini merupakan siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta yang berada pada tahap orientasi diri. Pemilihan sampel penelitian menggunakan teknik sampling simple random sampling sehingga responden pada penelitian ini sebanyak 87 peserta didik. Uji validitas menggunakan bantuan SPSS dan microfot excel. Uji reliabilitas dilakukan dengan rumus Alpha Cronbach. Data terkumpul dalam bentuk kuantitatif (angka) kemudian dianalisis secara statistik.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa 14% siswa berada pada kategori rendah, 74% berada pada kategori sedang dan 13% berada pada kategori tinggi. Jadi dapat disimpulkan bahwa 74% dari siswa kelas VII C, VII D dan VII E memiliki tingkat kepercayaan diri dalam kategori sedang. Guru BK dapat memberi layanan bimbingan dan konseling seperti bimbingan klasikal atau dengan konseling kelompok mengenai pemahaman kepercayaan diri, sehingga siswa diharapkan dapat mengubah cara pandangnya menjadi lebih percaya diri.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Kepercayaan diri, profil, studi deskriptif |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 28 Sep 2024 06:43 |
Last Modified: | 28 Sep 2024 06:43 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/75595 |
Actions (login required)
View Item |