Pengembangan E-Modul berbasis Flipbook pada mata pelajaran Al-Islam untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SD Muhammadiyah Karangkajen IV

Utaminingrum, Ratna (2024) Pengembangan E-Modul berbasis Flipbook pada mata pelajaran Al-Islam untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SD Muhammadiyah Karangkajen IV. S2 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T2_2007052011_JUDUL__240726082959.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T2_2007052011_BAB_I__240726082959.pdf

Download (200kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T2_2007052011_BAB_II__240726082959.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T2_2007052011_BAB_III__240726082959.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T2_2007052011_BAB_IV__240726082959.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T2_2007052011_BAB_V__240726082959.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T2_2007052011_DAFTAR_PUSTAKA__240726082959.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB) | Request a copy
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T2_2007052011_LAMPIRAN__240726082959.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pengembangan E-Modul berbasis flipbook pada mata pelajaran Al-Islam untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V didasarkan pada kenyataan bahwa belum tersedianya E-Modul Al-Islam berbasis flipbook pada mata pelajaran Al-Islam khususnya pada materi akidah akhlak.
Hasil pengembangan ini dimaksudkan untuk memenuhi bahan ajar materi akidah akhlak yang masih mengandalkan sumber belajar buku paket, sehingga dibutuhkan inovasi baru dalam hal pengembangan bahan ajar yang lebih interaktif.
Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengembangkan E-modul berbasis flipbook pada mata pelajaran Al-Islam untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SD Muhammadiyah Karangkajen IV, dan 2) Untuk menguji efektivitas E-modul berbasis flipbook pada mata pelajaran Al-Islam untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SD Muhammadiyah Karangkajen IV.
Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development. Model penelitian menggunakan Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation dengan menggunakan pendekatan sistematis. Kemudian produk akhir modul diuji cobakan dan diuji efektivitasnya menggunakan uji normalitas data dan uji paired sample statistics (t-test), dan uji paired samples test menggunakan SPSS 25.0. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa ahli materi, ahli media, guru mata pelajaran Al-Islam, dan siswa kelas V.
Hasil penelitian pengembangan ini adalah : 1) Menghasilkan E-Modul berbasis flipbook pada mata pelajaran Al-Islam untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V yang didasarkan pada hasil uji ahli media 100 %. Kemudian dari ahli materi mendapatkan persentase 100% artinya E-modul yang dikembangan dikategorikan sangat layak, 2) Produk pengembangan ini telah terbukti efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik Adapun peningkatan hasil belajar ditunjukkan analisis data dari pretest dan postest dari hasil uji T yang dilakukan dengan taraf kebenaran di peroleh hasil signifikansi sebesar 0,00 < 0,05 maka ada perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa antara sebelum dan setelah menggunakan e-modul Al-Islam berbasis flipbook.

Item Type: Thesis (S2)
Keyword: E – modul, Al-Islam, flipbook, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisi / Prodi: Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 01 Oct 2024 03:01
Last Modified: 01 Oct 2024 03:01
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/75641

Actions (login required)

View Item View Item