Alamsyah, Dani (2024) Implementasi pendidikan karakter melalui kajian taklim dan amaliyah Kitab Taisirul Kholaq Fi Ilmi Akhlaq di Pondok Pesantren Fadlun Minalloh. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900031249_JUDUL__240727121534.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900031249_BAB_I__240727100839.pdf Download (345kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900031249_BAB_II__240727100839.pdf Restricted to Registered users only Download (405kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1900031249_BAB_III__240727100839.pdf Restricted to Registered users only Download (781kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1900031249_BAB_IV__240727100840.pdf Restricted to Registered users only Download (100kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1900031249_BAB_V__240727100840.pdf Restricted to Registered users only Download (134kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900031249_DAFTAR_PUSTAKA__240727100840.pdf Restricted to Registered users only Download (196kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T1_1900031249_LAMPIRAN__240727100840.pdf Restricted to Registered users only Download (561kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan pendidikan karakter pada santri Pondok Pesantren Fadlun Minallah Bantul dengan menggunakan kajian kitab Taisirul Kholaq karya Hafidz Hasan Al-Mas’udi sebagai bahan ajar utama. Pendidikan karakter merupakan salah satu aspek fundamental dalam sistem pendidikan Islam, terutama di pondok pesantren, dan kitab Taisirul Kholaq memberikan panduan komprehensif tentang nilai-nilai moral dan etika yang diharapkan mampu membentuk akhlak mulia para santri.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan pengasuh, pengurus, dan santri Pondok Pesantren Fadlun Minallah, serta observasi partisipatif selama kegiatan sehari-hari pesantren. Selain itu, analisis dokumen seperti kurikulum dan catatan pembelajaran turut dilakukan untuk memahami integrasi nilai-nilai akhlak dalam program pendidikan pesantren.
Berdasarkan pembahasan dan analisis yang telah dilakukan oleh penulis, dapat diambil kesimpulan; Pertama, Pondok Pesantren Fadlun Minalloh berhasil mengintegrasikan dan mengaplikasikan pendidikan karakter berbasis kajian kitab Taisirul Kholaq dalam kehidupan santri. Beberapa isi kandungan dalam Kitab Taisirul Kholaq, mengajarkan nilai-nilai moral dan etika seperti; 1) kejujuran, 2) kesabaran, 3) tanggung jawab, dan 4) rasa hormat, menjadi landasan utama dalam pembentukan akhlak santri. Kedua, Melalui metode pembelajaran yang komprehensif dan sesuai dengan pernyataan Hafidz Al-Mas’udi, diantaranya program-program yang mendukung pendidikan karakter yang dilandasi kitab Taisirul Kholaq yaitu; 1) pengajian rutin yang mengajarkan santri untuk mempunyai sikap disiplin, 2) diskusi kelompok yang menuntut santri untuk senantiasa menggunakan akhlak-akhlak mahmudah seperti toleransi dan tanggung jawab, dan 3) praktik langsung supaya santri bisa menyikapi setiap persoalan dengan selalu dilandasi oleh keimanan dan prasangka baik terhadap takdir Allah SWT, santri di Pondok Pesantren Fadlun Minalloh mampu menginternalisasi dan mengaplikasikan nilai-nilai ini dalam kehidupan sehari-hari. Ketiga, berdasarkan hasil wawancara dengan pengasuh, pengurus, dan santri memberikan kesaksian bahwa nilai-nilai dari kitab Taisirul Kholaq sangat relevan dan berdampak positif dalam pembentukan karakter. Santri menjadi lebih disiplin, jujur, dan bertanggung jawab, serta lebih mampu menjalin hubungan harmonis dengan sesama.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Pendidikan karakter, pondok pesantren, Taisirul Kholaq |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 08 Oct 2024 04:03 |
Last Modified: | 08 Oct 2024 04:03 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/75667 |
Actions (login required)
View Item |