Mutiara Fajrin, CH. (2024) Pengaruh interaksi teman sebaya terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1700001035_JUDUL__240731012021.pdf Download (891kB) |
|
Text (BAB I)
T1_1700001035_BAB_I__240731121742.pdf Download (69kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1700001035_BAB_II__240731121742.pdf Restricted to Registered users only Download (176kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1700001035_BAB_III__240731121742.pdf Restricted to Registered users only Download (249kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1700001035_BAB_IV__240731121742.pdf Restricted to Registered users only Download (240kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1700001035_BAB_V__240731121742.pdf Restricted to Registered users only Download (49kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1700001035_DAFTAR_PUSTAKA__240731121742.pdf Restricted to Registered users only Download (154kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T1_1700001035_LAMPIRAN__240731121742.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Interaksi teman sebaya merupakan faktor penting dalam menentukan motivasi belajar peserta didik, Motivasi belajar tentu dapat diukur dalam beberapa faktor internal maupun eksternal. Faktor yang menentukan motivasi belajar salah satunya adalah dengan mengetahui interaksi antar teman sebayanya baik disekolah ataupun diluar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) interaksi teman sebaya siswa, 2) mengetahui motivasi belajar siswa, 3) apakah ada hubungan antara interaksi teman sebaya dengan motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif korelasional. Dilakukan di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta, dengan populasi siswa kelas VIII. Menggunakan sampling jenuh, yaitu keseluruhan kelas VIII dari kelas A-H. Teknik pengambilan data menggunakan yaitu instrumen skala psikologis interaksi teman sebaya dan skala psikologis motivasi belajar. Dilakukan validitas dan reliabilitas pada tiap skala psikologis. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji linieritas, uji hipotesis, dan analisis regresi sederhana.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) variabel interaksi teman sebaya yaitu sebanyak 14% berada dalam kategori rendah, 76% berada dalam kategori sedang, dan sebanyak 10% berada dalam kategori tinggi. Sehingga interaksi teman sebaya berada dalam kategori sedang. 2) variabel motivasi belajar yaitu sebanyak 15% berada dalam kategori rendah, 71% berada dalam kategori sedang, dan sebanyak 14% berada dalam kategori tinggi. Sehingga motivasi belajar berada dalam kategori sedang. 3) terdapat pengaruh interaksi teman sebaya terhadap motivasi belajar pada siswa kelas VIII A-H di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta sebesar 42,2%.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Interaksi teman sebaya, motivasi belajar, kuantitatif korelasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 02 Oct 2024 03:01 |
Last Modified: | 02 Oct 2024 03:01 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/75711 |
Actions (login required)
View Item |