Mutiara, Elvian (2024) Pendidikan akhlak dalam projek penguatan profil pelajar Pancasila: studi pembelajaran PAI kelas 7 di SMP N 3 Pleret. S2 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T2_2242052072_JUDUL__240810110345.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T2_2242052072_BAB_I__240810110345.pdf Download (459kB) |
|
Text (BAB II)
T2_2242052072_BAB_II__240810110345.pdf Restricted to Registered users only Download (400kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T2_2242052072_BAB_III__240810110345.pdf Restricted to Registered users only Download (148kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T2_2242052072_BAB_IV__240810110345.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T2_2242052072_BAB_V__240810110345.pdf Restricted to Registered users only Download (127kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T2_2242052072_DAFTAR_PUSTAKA__240810110345.pdf Restricted to Registered users only Download (213kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T2_2242052072_LAMPIRAN__240810110345.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya penurunan akhlak para siswa dan
kurang efektifnya sistem pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila
pada kelas 7 di SMP N 3 Pleret. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis
manajemen pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila kelas 7 di SMP
N 3 Pleret dan menganalisis pendidikan akhlak dalam Projek Penguatan Profil
Pelajar Pancasila bagi siswa kelas 7 di SMP N 3 Pleret.
Metode penelitian menggunakan kualitatif dengan pendekatan study
fenomenology, peneliti melihat secara langsung fenomenologi yang terjadi pada
saat siswa kelas 7 melakukan kegiatan P5 di sekolah. Teknik pengumpulan data
menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data
menggunakan tiga triangulasi yakni data, teknik, dan waktu. Peneliti lalu
menganalisis data dengan pengambilan data, reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pelaksanaan P5 siswa
kelas 7 dari 3 topik suara demokrasi, pengelolahan sampah dan tanaman toga yakni
pertama perencanaan terdiri dari penyusunan modul ajar, isi materi, bahan ajar,
media pembelajaran, praktik dan kunjungan. Kedua pelaksanaan terdiri dari
pelaksanaan pembelajaran P5 di kelas, praktik di sekolah, dan kunjungan P5. Ketiga
evaluasi berupa penugasan kepada siswa serta pembuatan laporan akhir P5.
Pendidikan akhlak terdapat dalam masing-masing topik P5 yang diajarkan yakni
pendidikan akhlak terhadap Allah Swt pada topik demokrasi, pengolahan smapah
dan tanaman toga. Pendidikan akhlak terhadap diri pada topik pengolahan smapah
dan tanaman toga. Pendidikan kahlak terhadap lingkungan pada topik pengolahan
sampah dan tanaman toga. Pendidikan akhlak terhadap sesama manusia pada topik
demokrasi. Berdasarkan hasil analisis masing-masing pendidikan akhlak dalam P5
terdapat kesamaan antara 6 nilai dimensi projek penguatan profil pelajar Pancasila
(P5) beserta elemnnya dengan ruang lingkup pendidikan akhlak (akhlak terhadap
Allah Swt, akhlak terhadap diri, dan akhlak terhadap makhluk). Secara teori dari 6
dimensi projek penguatan profil pelajar Pancasila sudah diajarkan kepada siswa
kelas 7 dengan baik namun secara parktik dan makna masih ada 2-3 dimensi yang
belum sepenuhnya terealisasikan dengan baik.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Keyword: | Profil pelajar pancasila, pendidikan akhlak, studi fenomenologi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 02 Oct 2024 03:02 |
Last Modified: | 02 Oct 2024 03:02 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/75720 |
Actions (login required)
View Item |