Literasi digital dalam pendidikan Al-Islam, Kemuhammadiyahan, dan Bahasa Arab (ISMUBA): studi kasus pemanfaatan internet searching di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta

Wafiqoh Nusaibah, Afaf (2024) Literasi digital dalam pendidikan Al-Islam, Kemuhammadiyahan, dan Bahasa Arab (ISMUBA): studi kasus pemanfaatan internet searching di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. S2 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T2_2242052081_JUDUL__240810113840.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T2_2242052081_BAB_I__240810113840.pdf

Download (340kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T2_2242052081_BAB_II__240810113840.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T2_2242052081_BAB_III__240810113840.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T2_2242052081_BAB_IV__240810113840.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T2_2242052081_BAB_V__240810113840.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T2_2242052081_DAFTAR_PUSTAKA__240810113840.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB) | Request a copy
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T2_2242052081_LAMPIRAN__240810113840.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan penelitian ini dilatar belakangi pemanfaatan literasi digital khususnya internet searching, dalam pembelajaran ISMUBA tidak selalu mendapati informasi keagamaan yang benar. Diperlukan penguatan literasi digital untuk membantu siswa memfilter informasi yang benar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kondisi kompetensi literasi digital dalam pembelajaran pendidikan Al-Islam, Kemuhammadiyahan, dan Bahasa Arab khususnya internet searching di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Untuk menganalisis kompetensi literasi digital siswa di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta dalam mengidentifikasi, mengkritisi, dan menyaring informasi keagamaan yang berpotensi negatif yang ditemukan melalui internet searching.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan dengan menerapkan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber data dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan berupa reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan hasil.
Hasil penelitian menunjukan pertama, sebelum adanya penguatan literasi digital, siswa seringkali menemukan informasi kegamaan yang tidak akurat saat mencari di internet, dan siswa cenderung mengutip informasi tersebut. Hal itu ditakutkan dapat mempengaruhi pandangan siswa. Setelah ada penguatan literasi digital siswa menjadi lebih kritis, sehingga siswa tidak mudah menerima informasi jika tidak sesuai dengan pemahamannya. Kedua, dalam mengambil informasi keagamaan pada proses internet searching siswa memiliki kompetensi literasi digital untuk mengidenfikasi, mengkritisi, dan menyaring informasi kegamaan yang negatif dengan membedakan relevansinya. Yaitu dengan mengidenfikasi sumber informasi yang dipercaya dan memvalidasi keandalannya dengan memperhatikan fitur komentar dan rating. Namun, dalam konteks informasi keagamaan yang kompleks, peran guru diperlukan sebagai pembimbing dan verifikator.

Item Type: Thesis (S2)
Keyword: Literasi digital, internet searching, ISMUBA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisi / Prodi: Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 02 Oct 2024 03:02
Last Modified: 02 Oct 2024 03:02
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/75721

Actions (login required)

View Item View Item