Andriani, Monik (2024) Moderasi beragama dalam kurikulum merdeka (analisis kurikulum pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Yogyakarta). S2 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T2_2242052079_JUDUL__240810084714.pdf Download (613kB) |
|
Text (BAB I)
T2_2242052079_BAB_I__240810084714.pdf Download (212kB) |
|
Text (BAB II)
T2_2242052079_BAB_II__240810084714.pdf Restricted to Registered users only Download (324kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T2_2242052079_BAB_III__240810084714.pdf Restricted to Registered users only Download (263kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T2_2242052079_BAB_IV__240810084714.pdf Restricted to Registered users only Download (386kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T2_2242052079_BAB_V__240810084714.pdf Restricted to Registered users only Download (246kB) | Request a copy |
|
Text (BAB VI)
T2_2242052079_BAB_VI__240810084714.pdf Restricted to Registered users only Download (4B) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T2_2242052079_DAFTAR_PUSTAKA__240810084714.pdf Restricted to Registered users only Download (275kB) | Request a copy |
Abstract
Saat ini dapat dilihat di Indonesia tindakan kekerasan semakin banyak
diperbincangkan dan semakin merajalela. Banyak persoalan yang muncul yang berkaitan
dengan agama, baik secara individu maupun kelompok. Konflik atas nama agama dapat
menimbulkan perpecahan dalam kehidupan bersama dan bertentangan dengan semboyan
bangasa Indonesia yang menjadi dasar persatuan bangsa yang multikultural. Kekerasan
atas nama agama bukan hanya terjadi di kota besar tetapi juga di pelosok-pelosok daerah.
Pelaku kekerasan ini tidak hanya terjadi pada kalangan masyarakat biasa saja melainkan
tindakan ini juga banyak terjadi disekolah-sekolah dilakukan oleh pelajar bahkan guru.
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis moderasi beragama di SMKN 1 Yogyakarta dan
menganalisis pelaksanaan moderasi beragama dalam kurikulum merdeka analisis
kurikulum PAI di SMKN 1 Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian
fenomenologi. Data dikumpulkan peneliti melalui teknik observasi, wawancara dan
dokumentasi. Sumber data primer dalam penelitian ini sebanyak 5 informan meliputi
kepala sekolah, guru PAI, waka kurikulum, dan siswa SMKN 1 Yogyakarta. Sumber data
sekunder berasal dari berbagai referensi bacaan sebagaimana yang tertuang dalam daftar
pustaka nantinya. Untuk mengetahui keabsahan data peneliti menggunakan teknik
triangulasi sumber dan triangulasi metode. Selanjutnya, data di analisis menggunakan
metode creswell yaitu peneliti menyiapkan data, membaca keseluruhan data, menganalisis
lebih detail data dengan mengcoding data, menerapkan proses coding data,
mendeskripsikan tema kedalam narasi dan memaknai data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pertama Moderasi beragama di SMKN N
1 Yogyakata terdiri dari pembiasaan-pembiasaan yang dilakukan di sekolah yang
mengandung nilai-nilai moderasi beragama diantaranya yaitu : pembiasaan sholat
berjam’ah, literasi keagamaan, kajian, Jum’at bersih, pesantren kilat (pesantren
Ramadhan) pembiasa’an-pembiasa’an tersebut memiliki nilai-nilai moderasi beragama
yaitu : pertengahan Adil (I`Tidal), toleransi (Tasamuh), Musyawarah (Asy- Syura), Anti
Kekerasan (Al- La`unf), Ramah Budaya (I`Tiraf Al- Urf). Kedua Pelaksanaan moderasi
beragama di SMKN 1 Yogyakarta dalam kurikulum merdeka Analisis kurikulum PAI
memiliki beberapa domain atau elemen yang terkandung dalam kurikulum PAI diantaranya
yaitu : Al-Qur’an hadist, Akidah, Akhlak, fiqih, dan Sejarah peradaban islam yang mana di
dalam nya terkandung nilai-nilai moderasi beragama yaitu : pertengahan Adil (I`Tidal),
toleransi (Tasamuh), Musyawarah (Asy- Syura), Anti Kekerasan (Al- La`unf), Ramah
Budaya (I`Tiraf Al- Urf) dan Pemahaman (Al-muwathonah), yang dilaksanakan melalui
proses belajar mengajar dan di terapkan melalui kegiatan sehari-hari di sekolah, baik itu
didalam kelas maupun diluar kelas.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Keyword: | Moderasi beragama, kurikulum merdeka, kurikulum PAI |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 02 Oct 2024 02:04 |
Last Modified: | 02 Oct 2024 02:04 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/75730 |
Actions (login required)
View Item |