Analisis pembelajaran berdiferensiasi dalam menumbuhkan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam di SD Negeri Kauman

Khairunnisa, Indah (2024) Analisis pembelajaran berdiferensiasi dalam menumbuhkan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam di SD Negeri Kauman. S2 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T2_2242052071_JUDUL__240812082303.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T2_2242052071_BAB_I__240812082303.pdf

Download (253kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T2_2242052071_BAB_II__240812082303.pdf
Restricted to Registered users only

Download (538kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T2_2242052071_BAB_III__240812082303.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T2_2242052071_BAB_IV__240812082303.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T2_2242052071_BAB_V__240812082303.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T2_2242052071_DAFTAR_PUSTAKA__240812082303.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB) | Request a copy
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T2_2242052071_LAMPIRAN__240812082303.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar peserta didik terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam karena kurangnya praktik pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang mengakomodir kebutuhan belajar peserta didik. Oleh karenanya, diperlukan upaya adaptasi dan optimalisasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan berdiferensiasi oleh guru. Sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis adaptasi guru Pendidikan Agama Islam dengan pembelajaran berdiferensiasi, penerapan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan berdiferensiasi, dan pembelajaran berdiferensiasi dalam menumbuhkan motivasi belajar peserta didik kelas IV terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri Kauman.
Metode penelitian ini adalah kualitatif studi kasus dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sekunder. Dalam menguji keabsahan data, penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan metode. Sedangkan untuk menganalisis data, penelitian ini menggunakan model analisis data Creswell yaitu mulai dari menyusun dan mempersiapkan data yang akan dianalisis, membaca seluruh data, mengenkripsi data, membuat, menghubungkan, dan menginterpretasi data atau tema deskripsi, serta memvalidasi data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Adaptasi guru Pendidikan Agama Islam dengan pembelajaran berdiferensiasi terdiri dari empat fase yaitu honeymoon, culture shock, recovery, dan adjustment. Aspek yang diadaptasikan adalah strategi pembelajaran, sarana dan prasarana, serta budaya dan lingkungan belajar. Pola adaptasinya adalah dengan mengikuti program komunitas belajar guru Pendidikan Agama Islam Kapanewon Pleret, memperbanyak referensi, dan sharing knowladge. (2) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan berdiferensiasi di SD Negeri Kauman meliputi empat tahapan yaitu asesmen awal, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pelaksanaannya menggunakan strategi konten, proses, produk, dan lingkungan belajar yang disesuaikan dengan kesiapan, minat, dan profil belajar peserta didik. (3) Pembelajaran berdiferensiasi dalam menumbuhkan motivasi belajar peserta didik kelas IV di SD Negeri Kauman terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah dengan memaksimalkan pembelajaran sesuai kebutuhan belajar peserta didik, menggunakan strategi diferensiasi, pendekatan kasih sayang, metode reward dan punishment, mengelola fasilitas dan lingkungan belajar, serta menyampaikan tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (S2)
Keyword: Pembelajaran berdiferensiasi, motivasi belajar, dan pembelajaran pendidikan agama islam
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisi / Prodi: Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 02 Oct 2024 01:19
Last Modified: 02 Oct 2024 01:19
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/75738

Actions (login required)

View Item View Item