Sakinah Ali, Nur (2024) Inovasi media Flashcard Maheera (Mahir Huruf Hijaiah Isyarat) untuk pengenalan membaca Al-Quran isyarat bagi siswa dengan hambatan pendengaran di SLB Islam Qothrunnada. S2 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T2_2242052073_JUDUL__240811044425.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB I)
T2_2242052073_BAB_I__240811044425.pdf Download (110kB) |
|
Text (BAB II)
T2_2242052073_BAB_II__240811044425.pdf Restricted to Registered users only Download (500kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T2_2242052073_BAB_III__240811044425.pdf Restricted to Registered users only Download (254kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T2_2242052073_BAB_IV__240811044425.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T2_2242052073_BAB_V__240811044425.pdf Restricted to Registered users only Download (46kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T2_2242052073_DAFTAR_PUSTAKA__240813112929.pdf Restricted to Registered users only Download (198kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T2_2242052073_LAMPIRAN__240811044425.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kebutuhan mendesak untuk meningkatkan pembelajaran Al-Quran isyarat bagi siswa hambatan pendengaran di SLB Islam Qothrunnada, Bantul. Anak hambatan pendengaran, yang mengalami hambatan pendengaran sejak lahir atau pada awal perkembangannya, memerlukan pendidikan khusus yang memperhatikan aspek berbicara dan bahasa. Pembelajaran huruf Hijaiah isyarat menjadi krusial dalam konteks ini, mengingat pentingnya pendidikan Al-Quran sebagai bagian integral kehidupan muslim. Selain itu, keterbatasan interaksi siswa hambatan pendengaran di SLB Islam Qothrunnada dengan kelompok hambatan pendengaran lainnya yang menggunakan metode pembelajaran Al-Quran yang berbeda menjadi salah satu tantangan yang perlu diatasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menganalisis efektivitas media flashcard Maheera dalam upaya mengenalkan Al-Quran isyarat pada siswa hambatan pendengaran.
Metode penelitian yang diterapkan dalam kajian ini adalah metode pengembangan, yang sering disebut sebagai Research and Development (RnD), dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dalam proses pengembangan produk, peneliti merujuk pada 10 tahap oleh Sugiyono. Berbagai teknik pengumpulan data digunakan, termasuk wawancara, observasi, dokumentasi, angket, dan tes. Analisis data kuantitatif media menggunakan skala likert, yang kemudian dianalisis berdasarkan proporsi, sementara analisis data kualitatif melibatkan analisis deskriptif. Efektivitas penggunaan media dievaluasi dengan uji normalitas dan uji paired sample test menggunakan perangkat lunak statistik SPSS 25.
Hasil penelitian yang pertama berupa pengembangan media flashcard Maheera yang dikembangkan berdasarkan teori media pembelajaran dan prinsip-prinsip pembelajaran siswa berkebutuhan khusus hambatan pendengaran yang digunakan untuk mengenalkan Al-Quran isyarat dengan meningkatkan kemampuan siswa hambatan pendengaran menguasai huruf Hijaiah isyarat dan tanda bacanya. Hal ini juga didukung dengan penilaian rata-rata dari ahli media sebesar 88�n ahli materi sebesar 94% yang menandakan bawah media sangat layak digunakan. Para ahli yang menilai media adalah dosen dan para ahli di bidang Pendidikan. Hasil yang kedua yaitu efektivitas penggunaan media didapatkan dari hasil soal pretest dan postest. Dengan uji paired sample test diperoleh bahwa sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 menunjukan ada perbedaan yang signifikan dari kemampuan siswa terkait mengenalkan Al-Quran isyarat yang. Selain itu bahwa dengan penggunaan media flashcard ini sesuai salah satu prinsip kemandirian siswa hambatan pendengaran dalam belajar dimana pada penggunaan media siswa lebih senang menggunakan media ini untuk belajar mandiri dengan teman.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Keyword: | Media maheera flashcard, pengenalan membaca Al-Quran isyarat, siswa hambatan pendengaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 03 Oct 2024 09:16 |
Last Modified: | 03 Oct 2024 09:16 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/75788 |
Actions (login required)
View Item |