Vusvitasari, Ulya (2024) Penguatan Profil Pelajar Pancasila dimensi kreatif melalui pemanfaatan limbah plastik di SD Muhammadiyah Papringan. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000005283_JUDUL__240824014748.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000005283_BAB_I__240824014748.pdf Download (126kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000005283_BAB_II__240824014748.pdf Restricted to Registered users only Download (129kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000005283_BAB_III__240824014748.pdf Restricted to Registered users only Download (92kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000005283_BAB_IV__240824014748.pdf Restricted to Registered users only Download (457kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000005283_BAB_V__240824014748.pdf Restricted to Registered users only Download (43kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000005283_DAFTAR_PUSTAKA__240824014748.pdf Restricted to Registered users only Download (155kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T1_2000005283_LAMPIRAN__240824014748.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Salah satu tantangan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran yaitu rendanya kreativitas siswa dalam pembelajaran. Hal tersebut dapat dilakukan dengan upaya Penguatan Profil Pelajar Pancasila dimensi kreatif melalui pemanfaatan limbah plastik yang dilakukan di semua mata pelajaran. Salah satunya yaitu mata pelajaran seni rupa, membuat karya berupa celengan. Melalui pembelajaran ini dapat mengembangkan salah satu dimensi kreatif dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Oleh karena itu, penelitian bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Kreatif Melalui Pemanfaatan Limbah Plastik di SD Muhammadiyah Sapen Papringan, 2) Mengetahui Faktor pendukung dan Penghambat dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Kreatif Melalui Pemanfaatan Limbah Plastik di SD Muhammadiyah Sapen Papringan.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru kelas IV dan siswa kelas IV SD Muhammadiyah Sapen Papringan. Objek penelitian yaitu, Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Kreatif Melalui Pemanfaatan Limbah Plastik di SD Muhammadiyah Sapen Papringan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data dalam penelitian ini terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian menunjukkan, 1) Penguatan profil pelajar pancasila dimensi kreatif melalui pemanfaatan limbah plastik di SD Muhammadiyah Sapen Papringan peserta didik telah menghasilkan beberapa elemen yaitu, menghasilkan gagasan yang orisinal sehingga menghasilkan gagasan baru dan menemukan ide yang berbeda dari teman yang lain; menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal yaitu siswa mampu modifikasi dan mengubah hasil karya yang dibuat sesuai keinginan atau kreativitasnya sehingga menghasilkan karya yang bersifat otentik dan bernilai orisinal; dan memiliki keluwesan berpikir dalam mencari alternatif solusi permasalahan dengan beragam. 2) faktor pendukung penguatan profil pelajar Pancasila Dimensi kreatif melalui pemanfaatan limbah plastik di SD Muhammadiyah Sapen Papringan berasal dari faktor pembawaan, keluarga, guru, dan lingkungan. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat yaitu hambatan dari sarana prasarana, dan hambatan waktu.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Penguatan pelajar pancasila, dimensi kreatif, melalui pemanfaatan limbah plastik |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 04 Oct 2024 08:08 |
Last Modified: | 04 Oct 2024 08:08 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/75876 |
Actions (login required)
View Item |