Aini Syahidah, Alvina (2024) Strategi komunikasi kantor pelayanan Pajak Pratama Wates dalam meningkatkan kesadaran wajib pajak di Wates melalui sistem layanan pajak online e-billing. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000030225_JUDUL__240824021627.pdf Download (986kB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000030225_BAB_I__240824021627.pdf Download (410kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000030225_BAB_II__240824021627.pdf Restricted to Registered users only Download (128kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000030225_BAB_III__240824021627.pdf Restricted to Registered users only Download (336kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000030225_BAB_IV__240824021627.pdf Restricted to Registered users only Download (54kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000030225_DAFTAR_PUSTAKA__240824021627.pdf Restricted to Registered users only Download (116kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T1_2000030225_LAMPIRAN__240824021627.pdf Restricted to Registered users only Download (490kB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_2000030225_NASKAH_PUBLIKASI__240824021627.pdf Restricted to Registered users only Download (295kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini membahas strategi komunikasi yang diterapkan oleh kantor Pelayanan Pajak Pratama Wates dalam meningkatkan kesadaran wajib pajak melalui sistem layanan pajak online e-billing. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya tingkat kepatuhan wajib pajak di wilayah Wates, Yogyakarta, meskipun sudah tersedia layanan online e-billing yang memudahkan proses pembayaran pajak. Penurunan ini menunjukkan bahwa implementasi e-billing belum sepenuhnya efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi yang dilakukan oleh KPP Pratama Wates menggunakan langkah-langkah, seperti mengenal khalayak, menyusun pesan, mentapkan metode, seleksi dan penggunaan media.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan reduksi data, display data, penarikan kesimpulan, yang selanjutnya akan divalidasi data dengan teknik triangulasi.
Hasil dari penelitian ini, yakni: KPP Pratama Wates menjadikan strategi komunikasi suatu cara pendekatan dalam penyampaian pesan dengan perencanaan yang bertujuan mencapai tujuan tertentu, seperti menggunakan bahasa jawa dalam berkomunikasi. Untuk mengenal khalayak, KPP Pratama Wates melakukan segmentasi pada wajib pajak. Dalam proses menyusun pesan, KPP Pratama Wates memastikan pesan yang disampaikan dapat diterima jelas. KPP Pratama Wates menetapkan metode komunikasi langsung dua arah yang paling efektif, serta pendekatan persuasif dan edukatif dalam sosialisasi. KPP Pratama Wates menggunakan media sosial serta media cetak karena sudah ada ketetapan dari pusat.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Strategi komunikasi, kesadaran, wajib pajak, e-billing |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Letters (Fakultas Sastra) > S1-ilmu komunikasi |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 04 Oct 2024 08:10 |
Last Modified: | 04 Oct 2024 08:10 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/75882 |
Actions (login required)
View Item |