Zulva Diningrum, Ella (2024) Pengembangan media Wordwall dalam pembelajaran menulis puisi kelas VIII SMP. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000003039_JUDUL__240831104513.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000003039_BAB_I__240831104513.pdf Download (98kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000003039_BAB_II__240831104513.pdf Restricted to Registered users only Download (143kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000003039_BAB_III__240831104513.pdf Restricted to Registered users only Download (118kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000003039_BAB_IV__240831104513.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000003039_BAB_V__240831104513.pdf Restricted to Registered users only Download (74kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000003039_DAFTAR_PUSTAKA__240831104513.pdf Restricted to Registered users only Download (91kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T1_2000003039_LAMPIRAN__240831104513.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_2000003039_NASKAH_PUBLIKASI__240831104513.pdf Restricted to Registered users only Download (369kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesulitan proses pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta yang disebabkan oleh belum adanya pembelajaran yang memanfaatkan teknologi. Oleh sebab itu, diperlukan pemanfaatan teknologi supaya dapat menarik peserta didik agar lebih bersemangat dalam belajar Bahasa Indonesia. Salah satu cara dengan memanfaatkan teknologi zaman yang semakin canggih dengan menggunakan media pembelajaran berbentuk website. Pada penelitian ini memanfaatkan pengembangan media wordwall dalam pembelajaran menulis puisi kelas VIII SMP. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengembangan media wordwall, (2) mengetahui kelayakan media wordwall, dan (3) mengetahui keefektifan media wordwall dalam pembelajaran menulis puisi kelas VIII SMP.
Jenis penelitian ini adalah pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Lima langkah tahapan dalam ADDIE antara lain: Analysis, Design, Development, Implementation,
Evaluation. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari ahli materi, ahli media, ahli pembelajaran, serta sasaran pengguna produk siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket atau kuesioner dan observasi. Sementara itu, teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif-kuantitatif.
Hasil penelitian ini berupa pengembangan media wordwall dalam pembelajaran menulis puisi kelas VIII SMP. Hasil kelayakan yang diuji oleh ahli materi, ahli media, dan ahli pembelajaran memperoleh skor rata-rata 90% dengan kategori “sangat layak”. Berdasarkan hasil validasi tersebut, maka media wordwall dalam pembelajaran menulis puisi layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Selanjutnya berdasarkan hasil pre test dan post test siswa, diperoleh nilai sig = 0.001 < 0.05, artinya selisih rata-rata berbeda sehingga dapat dikatakan bahwa pengembangan media wordwall dalam pembelajaran menulis puisi efektif untuk
digunakan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Media pembelajaran, wordwall, menulis puisi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Indonesian Language and Literature Education (S1-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 04 Oct 2024 08:11 |
Last Modified: | 04 Oct 2024 08:11 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/75883 |
Actions (login required)
View Item |