Efektivitas layanan bimbingan kelompok teknik Problem Solving untuk meningkatkan self confidence peserta didik di SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta tahun pelajaran 2022/2023

Lestari Mutaslimah, Asri (2023) Efektivitas layanan bimbingan kelompok teknik Problem Solving untuk meningkatkan self confidence peserta didik di SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta tahun pelajaran 2022/2023. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1800001126_JUDUL__230404104217.pdf

Download (823kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1800001126_BAB_I__230404104217.pdf

Download (160kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1800001126_BAB_II__230404104217.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1800001126_BAB_III__230404104217.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1800001126_BAB_IV__230404104217.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1800001126_BAB_V__230404104217.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1800001126_DAFTAR_PUSTAKA__230404104217.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB) | Request a copy
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1800001126_LAMPIRAN__230404104217.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena self confidence rendah yang masih banyak dialami oleh peserta didik kelas VIII di SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya faktor keluarga atau korban broken home. Penggunaan teknik layanan bimbingan kelompok teknik problem solving ini digunakan karena di SMP tersebut problem permasalahan yang diangkat belum kuat sehingga layanan yang diberikan belum efektif. Menurut Shoimin (dalam Harefa, 2020) menyatakan jika dalam tahapan teknik problem solving harus terdapat topik materi atau permasalahan yang tepat, sehingga dengan begitu tujuan dari pemberian layanan dapat efektif untuk mengatasi permasalahan yang dialami oleh siswa. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan layanan bimbingan kelompok teknik problem solving untuk meningkatkan self confidence peserta didik di SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan metode pre-experimental, dan desain yang digunakan yaitu one group pretest-posttest. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VIII yang berjumlah 150. Sedangkan, untuk jenis sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu teknik purposive sampling. Instrumen pada penelitian ini menggunakan angket self confidence yang sudah diuji validitas dan reliabilitasnya. Sebelum dilakukan uji validitas dan reliabilitas angket terdapat 60 pernyataan, namun setelah dilakukan uji validitas dan reliabilitas tersisa 48 pernyataan. Hal ini karena nilai dari r_(hitung )< 0,349 dengan taraf signifikan sebesar 5% (r_(tabel )= 0,49). Selain angket, penelitian ini juga menggunakan pedoman observasi layanan bimbingan kelompok teknik problem solving yang dilakukan oleh guru BK. Kemudian, peneliti menggunakan uji Wilcaxon untuk menganalisis datanya.
Hasil penelitian ini menunjukkan jika setelah pemberian layanan bimbingan kelompok teknik problem solving terdapat perubahan nilai signifikansi pada 8 peserta didik dengan 1 peserta didik mendapat kategori sedang dan 7 peserta didik kategori tinggi. Selain itu, nilai Asymp.Sig. (2-tailed) juga menunjukkan jika nilai signifikansi yang diperoleh lebih kecil dari 0,05 (2-tailed atau 0,012 < 0,05). Maka dapat disimpulkan jika Ha diterima dan Ho ditolak atau layanan bimbingan kelompok teknik problem solving efektif untuk meningkatkan self confidence peserta didik kelas VIII di SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Self confidence, bimbingan kelompok, problem solving
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 05 Oct 2024 03:37
Last Modified: 05 Oct 2024 03:37
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/75984

Actions (login required)

View Item View Item