ARIEF NUGROHO, AHMAD (2023) Pembuatan multimedia media pembelajaran interaktif Ilmu pengetahuan Sosial peristiwa kebangsaan seputar Sumpah Pemuda kelas V Sekolah Dasar Plebengan. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1600018103_JUDUL__230729115007.pdf Download (564kB) |
|
Text (BAB I)
T1_1600018103_BAB_I__230729115007.pdf Download (148kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1600018103_BAB_II__230729115007.pdf Restricted to Registered users only Download (375kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1600018103_BAB_III__230729115007.pdf Restricted to Registered users only Download (240kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1600018103_BAB_IV__230729115007.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1600018103_BAB_V__230729115007.pdf Restricted to Registered users only Download (117kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1600018103_DAFTAR_PUSTAKA__230729115007.pdf Restricted to Registered users only Download (103kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T1_1600018103_LAMPIRAN__230729115256.pdf Restricted to Registered users only Download (921kB) | Request a copy |
Abstract
Sumpah Pemuda merupakan suatu pergerakan kemerdekaan Republik Indonesia yang
dilakukan oleh para pemuda-pemudi Indonesia dengan menyatakan janji satu tanah air, satu
bangsa, dan satu bahasa. Pembelajaran di SD Negeri Plebengan, materi Sumpah Pemuda masuk
dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas V Tema 7 Subtema 1. Berdasarkan hasil
observasi di Sekolah Dasar Negeri Plebengan, keterbatasan sumber pelajaran yang hanya
bersumber dari buku menyebabkan siswa kurang dapat memvisualisasikan materi seperti
visualisasi gambar, audio, dan video yang ada di materi Sumpah Pemuda. Maka diperlukannya
sebuah media pembelajaran interaktif yang dibuat sesuai materi ajar. Media tersebut berupa
media pembelajaran interaktif, terkait dengan materi Peristiwa Sumpah Pemuda 1928 sebagai
penunjang proses belajar mengajar. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri Plebengan
Bantul. Tujuan Penelitian ini adalah Menghasilkan media pembelajaran yang interaktif, supaya
guru dan murid saling melakukan aksi saling aktif, Meningkatkan efisiensi proses pembelajaran,
Menghasilkan media pembelajaran yang layak digunakan untuk membantu guru dan murid
dalam menyampaikan materi dan menarik antusias peserta didik dalam belajar di sekolah
maupun dirumah.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah MDLC (Multimedia Development
Life Cycle). Tahapan dalam penelitian ini meliputi wawancara, studi pustaka, dan observasi di
Sekolah Dasar Negeri Plebengan Bantul. Pengembangan aplikasi terdiri dari enam tahapan yaitu
konsep, perancangan, pengumpulan materi, pembuatan aplikasi, uji coba dan pendistribusian.
Hasil pengujian multimedia ini menunjukan semua jawaban sangat baik & baik sehingga
komponen fungsional layak digunakan karena memiliki kualitas yang baik. Adapun pengujian
aplikasi ini dilakukan dengan dua cara pengujian yaitu Blackbox Test dan System Usability Scale
(SUS). Pada pengujian blackbox dilakukan dengan guru wali kelas V di SD Negeri Plebengan
Bantul, sedangkan pengujian SUS dilakukan kepada 24 siswa kelas V. Skor yang didapat dalam
pengujian ini adalah 83,2 yang menandakan bahwa aplikasi media pembelajaran interaktif ini
dapat diterima dan dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran di SD Negeri Plebengan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Sumpah Pemuda, ilmu pengetahuan sosial, media pembelajaran, blackbox tes, system usability scal |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Informatics Engineering (S1-Teknik Informatika) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 08 Oct 2024 01:36 |
Last Modified: | 08 Oct 2024 01:36 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/76085 |
Actions (login required)
View Item |