Perlindungan hukum konsumen jasa transportasi online dari penyalahgunaan data pribadi yang tercantum di aplikasi Grab

Yuang, Putri (2023) Perlindungan hukum konsumen jasa transportasi online dari penyalahgunaan data pribadi yang tercantum di aplikasi Grab. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900024034_JUDUL__230819102235.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900024034_BAB_I__230819102235.pdf

Download (425kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900024034_BAB_II__230819102235.pdf
Restricted to Registered users only

Download (504kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900024034_BAB_III__230819102235.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900024034_BAB_IV__230819102235.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900024034_DAFTAR_PUSTAKA__230819102235.pdf
Restricted to Registered users only

Download (416kB) | Request a copy
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1900024034_LAMPIRAN__230819102235.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_1900024034_NASKAH_PUBLIKASI__230819102235.pdf
Restricted to Registered users only

Download (637kB) | Request a copy

Abstract

Kemajuan teknologi yang berkembang pesat di bidang transportasi membuka akses untuk aplikasi layanan jasa transportasi online. Konsumen diwajibkan memasukkan data dan informasi pribadi seperti nama, nomor telepon, email, alamat, dan tanggal lahir. Adanya kewajiban memasukkan data pribadi konsumen ke dalam sistem aplikasi menimbulkan adanya kasus penyalahgunaan data pribadi konsumen yang tercantum dalam sistem aplikasi layanan jasa transportasi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis
(1) Regulasi grab dalam melindungi data pribadi konsumen (2) Kelemahan Regulasi Grab terkait sanksi yang diberikan terhadap pelaku penyalahgunaan data pribadi.
Penelitian ini menggunakan penelitian yuridis normatif (normative legal research) yaitu pendekatan yang dilakukan dengan cara meneliti bahan hukum pustaka atau data sekunder sebagai dasar untuk diteliti dengan cara mengadakan penelusuran terhadap peraturan-peraturan dan literatur yang berkaitan dengan permasalahan yang diteliti.Sumber data sekunder yaitu bahan hukum primer, sekunder, dan tersier. Bahan hukum primer dalam penelitian ini yaitu Undang- Undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2022 tentang Perlindungan Data Pribadi.Metode pengumpulan data dilakukan dengan studi kepustakaan yang kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukan (1) Regulasi grab dalam melindungi data pribadi konsumen yaitu (i) melarang pihak ketiga untuk menggunakan data pribadi konsumen tanpa seizin pemilik data dan informasi tersebut (ii) Grab hanya menyimpan data pribadi konsumen untuk rangkaian operasi aplikasi yang menyesuaikan regulasi pemerintah (iii) Grab memperketat sistem keamanan data pribadi konsumen dengan cara membatasi akses pengemudi terhadap nomor telepon konsumen (2) Sanksi penyalahgunaan data pribadi berdasarkan kode etik Grab kepada pengemudi yang melakukan penyalahgunaan data pribadi milik konsumen yaitu berupa penghentian hubungan kemitraan antara Grab dan Mitra Grab.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Perlindungan data pribadi, perlindungan konsumen, sanksi
Subjects: K Law > K Law (General)
K Law > KZ Law of Nations
Divisi / Prodi: Faculty of Law (Fakultas Hukum) > S1-Law Science (S1-Hukum)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 08 Oct 2024 01:36
Last Modified: 08 Oct 2024 01:36
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/76088

Actions (login required)

View Item View Item