Laila Safrilania, Dewi (2023) Pengembangan multimedia Aksara Jawa Interaktif (AJI) bagi siswa kelas 4 Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1800005060_JUDUL__230608124351.pdf Download (686kB) |
|
Text (BAB I)
T1_1800005060_BAB_I__230608124351.pdf Download (174kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1800005060_BAB_II__230603034414.pdf Restricted to Registered users only Download (354kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1800005060_BAB_III__230603034414.pdf Restricted to Registered users only Download (357kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1800005060_BAB_IV__230603034414.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1800005060_BAB_V__230603034414.pdf Restricted to Registered users only Download (63kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1800005060_DAFTAR_PUSTAKA__230603034414.pdf Restricted to Registered users only Download (210kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 0)
T1_1800005060_BAB_0__230603034414.pdf Restricted to Registered users only Download (683kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T1_1800005060_LAMPIRAN__230603034414.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Media merupakan salah satu alat yang digunakan oleh guru dan siswa untuk
memahami materi pembelajaran secara lebih mudah dan menarik. Penelitian ini
memiliki tujuan untuk mengembangkan serta mengetahui kualitas multimedia
Aksara Jawa Interaktif (AJI) bagi kelas 4 oleh para ahli. Ahli yang digunakan untuk
menguji kualitas multimedia diantaranya adalah ahli media, ahli materi, dan ahli
pembelajaran. Tujuan selanjutnya adalah mengetahui kelayakan multimedia Aksara
Jawa Interaktif (AJI) oleh guru dan siswa.
Penelitian ini menggunakan jenis pengembangan Reseach and Development
(RnD) Dengan model ADDIE yaitu analisis (analyze), desain (design),
pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi
(evaluation). Teknik pengumpulan data menggunakan lembar penilaian, angket,
observasi dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan
teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari: (1) uraian
saran, kritik, dan masukan dari para validator ahli; (2) hasil observasi dan wawancara
terhadap guru dan siswa setelah pemakaian produk, sedangkan data kuantitatif
diperoleh dari penilaian produk oleh para validator ahli dan kelayakan produk oleh
guru dan angket siswa yang nantikan akan berbentuk skor dan diakumulasikan dalam
kriteria kualitas dan kelayakan.
Hasil Penelitian ini memperoleh penilaian dari ahli media mendapat nilai
80,76 dengan kategori sangat baik. Kemudian penilaian dari ahli materi mendapat
nilai 83,33 berkategori sangat baik. Penilaian dari ahli pembelajaran 93,33
berkategori sangat baik. Penilaian guru 88,75 dengan kategori sangat layak. Penilaian
dari angket siswa 90,49 berkategori sangat layak. Sehingga nilai multimedia Aksara
Jawa Interaktif (AJI) yang telah disusun mendapatkan rata- rata nilai 87,33. Nilai
tersebut termasuk dengan kategori sangat baik dan layak digunakan untuk siswa
sekolah dasar kelas 4.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Media pembelajaran, multimedia interaktif, aksara jawa, sekolah dasar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 10 Oct 2024 09:48 |
Last Modified: | 10 Oct 2024 09:48 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/76218 |
Actions (login required)
View Item |