Pengembangan multimedia Aksara Jawa Interaktif (AJI) bagi siswa kelas 4 Sekolah Dasar

Laila Safrilania, Dewi (2023) Pengembangan multimedia Aksara Jawa Interaktif (AJI) bagi siswa kelas 4 Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1800005060_JUDUL__230608124351.pdf

Download (686kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1800005060_BAB_I__230608124351.pdf

Download (174kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1800005060_BAB_II__230603034414.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1800005060_BAB_III__230603034414.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1800005060_BAB_IV__230603034414.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1800005060_BAB_V__230603034414.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1800005060_DAFTAR_PUSTAKA__230603034414.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 0] Text (BAB 0)
T1_1800005060_BAB_0__230603034414.pdf
Restricted to Registered users only

Download (683kB) | Request a copy
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1800005060_LAMPIRAN__230603034414.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Media merupakan salah satu alat yang digunakan oleh guru dan siswa untuk
memahami materi pembelajaran secara lebih mudah dan menarik. Penelitian ini
memiliki tujuan untuk mengembangkan serta mengetahui kualitas multimedia
Aksara Jawa Interaktif (AJI) bagi kelas 4 oleh para ahli. Ahli yang digunakan untuk
menguji kualitas multimedia diantaranya adalah ahli media, ahli materi, dan ahli
pembelajaran. Tujuan selanjutnya adalah mengetahui kelayakan multimedia Aksara
Jawa Interaktif (AJI) oleh guru dan siswa.
Penelitian ini menggunakan jenis pengembangan Reseach and Development
(RnD) Dengan model ADDIE yaitu analisis (analyze), desain (design),
pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi
(evaluation). Teknik pengumpulan data menggunakan lembar penilaian, angket,
observasi dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan
teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari: (1) uraian
saran, kritik, dan masukan dari para validator ahli; (2) hasil observasi dan wawancara
terhadap guru dan siswa setelah pemakaian produk, sedangkan data kuantitatif
diperoleh dari penilaian produk oleh para validator ahli dan kelayakan produk oleh
guru dan angket siswa yang nantikan akan berbentuk skor dan diakumulasikan dalam
kriteria kualitas dan kelayakan.
Hasil Penelitian ini memperoleh penilaian dari ahli media mendapat nilai
80,76 dengan kategori sangat baik. Kemudian penilaian dari ahli materi mendapat
nilai 83,33 berkategori sangat baik. Penilaian dari ahli pembelajaran 93,33
berkategori sangat baik. Penilaian guru 88,75 dengan kategori sangat layak. Penilaian
dari angket siswa 90,49 berkategori sangat layak. Sehingga nilai multimedia Aksara
Jawa Interaktif (AJI) yang telah disusun mendapatkan rata- rata nilai 87,33. Nilai
tersebut termasuk dengan kategori sangat baik dan layak digunakan untuk siswa
sekolah dasar kelas 4.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Media pembelajaran, multimedia interaktif, aksara jawa, sekolah dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 10 Oct 2024 09:48
Last Modified: 10 Oct 2024 09:48
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/76218

Actions (login required)

View Item View Item