Nisrina Mafazati, Maulida (2023) Strategi guru dalam menanamkan kemandirian belajar pada pembelajaran matematika siswa kelas IV SD Muhammadiyah Ngabean 1. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900005048_JUDUL__231215021538.pdf Download (792kB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900005048_BAB_I__231215021538.pdf Download (319kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900005048_BAB_II__231215021538.pdf Restricted to Registered users only Download (389kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1900005048_BAB_III__231215021538.pdf Restricted to Registered users only Download (441kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1900005048_BAB_IV__231215021538.pdf Restricted to Registered users only Download (761kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1900005048_BAB_V__231215021538.pdf Restricted to Registered users only Download (188kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900005048_DAFTAR_PUSTAKA__231215021538.pdf Restricted to Registered users only Download (403kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T1_1900005048_LAMPIRAN__231215021538.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_1900005048_NASKAH_PUBLIKASI__231215021538.pdf Restricted to Registered users only Download (688kB) | Request a copy |
Abstract
Kemandirian belajar diartikan sebagai suatu proses belajar yang berasal dari dorongan dan kemauan diri sendiri didasari tanggung jawab yang berasal dari hati untuk mencapai tujuan tertentu dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam menanamkan kemandirian belajar pada pembelajaran matematika bagis siswa kelas IV di SD Muhammadiyah Ngabean 1 dan juga faktor pendukung dan penghambat dalam menanamkan kemandirian belajar.
Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu pendekatan yang berfokus pada kualitas dan memahami secara mendalam mengenai suatu fenomena yang terjadi untuk diteliti kebenarannya. Penelitian ini dilakukan di SD Muhammadiyah Ngabean 1 dengan subyek penelitian guru kelas IV dan Siswa kelas IV. Objek penelitian ini mencakup strategi guru dalam menanamkan kemandirian belajar pada pembelajaran matematika siswa kelas IV. Penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi guru dalam menanamkan kemandirian belajar pada pembelajaran matematika siswa kelas IV sudah baik. Guru selalu memberikan motivasi dan pendekatan kepada siswanya untuk mempertahankan dan mengembangkan hasrat belajar siswa. Selain itu ada juga faktor pendukung dan faktor penghambat. Adapun faktor pendukung yaitu sarana prasarana, lingkungan baik disekolah maupun dirumah, adanya minat dan semangat, adanya motivasi belajar, dan adanya dukungan dari orang tua. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kurangnya perhatian dari orang tua siswa, lingkungan tempat tinggal yang kurang baik, media, teman sebaya, dan rendahnya minat siswa pada pembelajaran matematika.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Kemandirian belajar, matematika, strategi pembelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 10 Oct 2024 01:35 |
Last Modified: | 10 Oct 2024 01:35 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/76248 |
Actions (login required)
View Item |