Aulia Ulfah, Annisa (2023) Implementasi program Cerdas Istimewa Matematika IPA menggunakan Kurikulum Plus di SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900005052_JUDUL__231215065844.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900005052_BAB_I__231215065844.pdf Download (161kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900005052_BAB_II__231215065844.pdf Restricted to Registered users only Download (409kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1900005052_BAB_III__231215065845.pdf Restricted to Registered users only Download (88kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1900005052_BAB_IV__231215065845.pdf Restricted to Registered users only Download (716kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1900005052_BAB_V__231215065845.pdf Restricted to Registered users only Download (22kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900005052_DAFTAR_PUSTAKA__231215065845.pdf Restricted to Registered users only Download (133kB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan merupakan sebuah proses untuk meningkatkan kualitas hidup. Tanpa memandang latar belakang, status sosial, maupun alasan apapun, pendidikan berhak dinikmati oleh seluruh kalangan. Siswa yang memiliki kecerdasan istimewa berhak mendapatkan layanan pendidikan khusus sesuai dengan kebutuhan dan keunggulannya serta desain kurikulum pembelajaran agar dapat mengembangkan potensi yang dimiliki secara optimal, sehingga bakat kecerdasan yang dimiliki dapat berkembang dengan baik. Program CI MIPA merupakan suatu program yang dapat mengembangkan potensi akademik siswa. penelitian ini bertujuan untuk menjawab: 1) implementasi program CI MIPA meggunakan kurikulum plus di SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta, 2) wujud pendampingan dari dalam dan luar implementasi program CI MIPA menggunakan kurikulum plus di SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kepala bidang pengajaran dan guru kelas 5 CI MIPA. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: 1) Implementasi program CI MIPA menggunakan kurikulum plus di SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta melalui 3 tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan program CI MIPA meliputi menentukan tujuan, tahapan program, persiapan tenaga pendidik, kriteria pemilihan siswa, sarana dan prasarana, serta pendanaan program. Pelaksanaan program CI MIPA meliputi proses pembelajaran, waktu dan jadwal pelaksanaan, bahan ajar, materi pembelajaran, dan metode pembelajaran. Evaluasi program CI MIPA lebih mengedepankan aspek kognitif dan aspek psikomotor siswa, penyusunan instrumen penilaian program CI MIPA, dan tindak lanjut program CI MIPA. 2) Wujud pendampingan program CI MIPA menggunakan kurikulum plus di SD Muhammadiyah Sapen dibagi menjadi 2 bagian yaitu wujud pendampingan di dalam sekolah dan wujud pendampingan di luar sekolah. Wujud pendampingan di dalam sekolah meliputi proses pendampingan program CI MIPA. Wujud pendampingan di luar sekolah meliputi pembelajaran di luar kelas, pendampingan program CI MIPA di luar sekolah, dan pendampingan lomba.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Anak berkebutuhan khusus, cerdas istimewa, matematika, sains dan inclusive education |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 10 Oct 2024 06:37 |
Last Modified: | 10 Oct 2024 06:37 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/76286 |
Actions (login required)
View Item |