Juliati, Juliati (2023) Analisis minat membaca peserta didik kelas V SDN 9 Simpang Teritip Bangka: Ditinjau dari peran guru kelas V dan orang tua. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1800005126_JUDUL__231215112414.pdf Download (425kB) |
|
Text (BAB I)
T1_1800005126_BAB_I__231215112414.pdf Download (141kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1800005126_BAB_II__231215112414.pdf Restricted to Registered users only Download (261kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1800005126_BAB_III__231215112414.pdf Restricted to Registered users only Download (155kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1800005126_BAB_IV__231215112414.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1800005126_BAB_V__231215112414.pdf Restricted to Registered users only Download (113kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1800005126_DAFTAR_PUSTAKA__231215112414.pdf Restricted to Registered users only Download (214kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T1_1800005126_LAMPIRAN__231215112414.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_1800005126_NASKAH_PUBLIKASI__231215112414.pdf Restricted to Registered users only Download (444kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ni dilatar belakangi oleh rendahnya minat baca yang dimilik oleh peserta didik SDN 9 Simpang Teritip Bangka. Aktivitas membaca peserta didik hanyalah sebatas memenuhi instruksi dari fasilitator karena peserta didik tidak memenuhi indikator minat baca. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan minat baca yang dimilik oleh peserta didik kelas V SDN 9 Simpang Teritip Bangka serta peran guru dan orang tua yang ada di dalamnya.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik, orang tua peserta didik, dan guru kelas V SDN 9 Simpang Teritip Bangka. Objek penelitian dalam penelitian ini yaitu minat membaca peserta didik kelas V SDN Simpang Teritip Bangka yang berfokus pada peran guru kelas V dan orang tua. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman yaitu tahap reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Sedangkan untuk menguji keabsahan data dilakukan dengan trigulasi sumber dan trigulasi Teknik.
Dari hasil pembahasan ditemukan beberapa permasalahan yang melatarbelakangi rendahnya minat membaca peserta didik kelas V SDN 9 Simpang Teritip Bangka yaitu antara lain: 1) peserta didik kurang mendapatkan bimbingan dari orang tua terkait dengan pentingnya membaca; 2) lingkaran pertemanan peserta didik yang kurang mendukung; 3) tidak ada budaya membaca di lingkungan keluarga; 4) kurangnya penanaman manfaat membaca dari orang tua. Selanjutnya, ditemukan beberapa bentuk keterlibatan peran guru kelas V terhadap minat membaca peserta didik yang antara lain: 1) membudayakan peserta didik membaca sebelum pembelajaran dimulai; 2) memberikan pemahaman pentingnya membaca; 3) meimplementasikan program Jumat baca; 4) menjalankan program pojok baca; 5) memberikan tugas. Sedangkan bentuk keterlibatan orang tua peserta didik antara lain adalah: 1) menciptakan budaya membaca di rumah; 2) memberikan pemahaman terkait pentingnya membaca; 3) memberikan buku yang menarik dan disukai anak; 4) menemani ketika membaca.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Minat baca, peserta didik, peran guru kelas, peran orang tua |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 10 Oct 2024 06:14 |
Last Modified: | 10 Oct 2024 06:14 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/76288 |
Actions (login required)
View Item |