Peningkatan kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar peserta didik menggunakan model Problem Based Learning pada pembelajaran IPA di kelas V SD Muhammadiyah Semingin

Ayu Nur Khasanah, Nimas (2023) Peningkatan kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar peserta didik menggunakan model Problem Based Learning pada pembelajaran IPA di kelas V SD Muhammadiyah Semingin. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900005160_JUDUL__231017062355.pdf

Download (561kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900005160_BAB_I__231017062355.pdf

Download (125kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900005160_BAB_II__231017062355.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900005160_BAB_III__231017062355.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900005160_BAB_IV__231017062355.pdf
Restricted to Registered users only

Download (598kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1900005160_BAB_V__231017062355.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900005160_DAFTAR_PUSTAKA__231017062355.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB) | Request a copy
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1900005160_LAMPIRAN__231017062355.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_1900005160_NASKAH_PUBLIKASI__231017062355.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar peserta didik terhadap pembelajaran IPA di SD Muhammadiyah Semingin. Penelitian ini bertujuan untuk : meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar peserta didik kelas V pada mata Pelajaran IPA melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V SD Muhammadiyah Semingin. Objek penelitian yaitu peningkatan kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dalam mata pelajaran IPA kelas V di SD Muhammadiyah Semingin. Penelitian ini menggunakan Teknik pengumpulan data berupa tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan motivasi peserta didik, ditunjukkan dengan skor presentase kemampuan berpikir kritis pada kondisi awal presentase sebesar 40% meningkat menjadi 60% pada siklus I, dan meningkat kembali pada siklus II menjadi 80%. (2) model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada siklus I dengan skor presentase 51% menjadi 75% pada siklus II.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Berpikir kritis, motivasi belajar, pembelajaran IPA, penerapan model problem based learning
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 12 Oct 2024 04:48
Last Modified: 12 Oct 2024 04:48
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/76298

Actions (login required)

View Item View Item