Ayu Nur Khasanah, Nimas (2023) Peningkatan kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar peserta didik menggunakan model Problem Based Learning pada pembelajaran IPA di kelas V SD Muhammadiyah Semingin. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900005160_JUDUL__231017062355.pdf Download (561kB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900005160_BAB_I__231017062355.pdf Download (125kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900005160_BAB_II__231017062355.pdf Restricted to Registered users only Download (241kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1900005160_BAB_III__231017062355.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1900005160_BAB_IV__231017062355.pdf Restricted to Registered users only Download (598kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1900005160_BAB_V__231017062355.pdf Restricted to Registered users only Download (22kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900005160_DAFTAR_PUSTAKA__231017062355.pdf Restricted to Registered users only Download (82kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T1_1900005160_LAMPIRAN__231017062355.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_1900005160_NASKAH_PUBLIKASI__231017062355.pdf Restricted to Registered users only Download (200kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar peserta didik terhadap pembelajaran IPA di SD Muhammadiyah Semingin. Penelitian ini bertujuan untuk : meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar peserta didik kelas V pada mata Pelajaran IPA melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V SD Muhammadiyah Semingin. Objek penelitian yaitu peningkatan kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dalam mata pelajaran IPA kelas V di SD Muhammadiyah Semingin. Penelitian ini menggunakan Teknik pengumpulan data berupa tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan motivasi peserta didik, ditunjukkan dengan skor presentase kemampuan berpikir kritis pada kondisi awal presentase sebesar 40% meningkat menjadi 60% pada siklus I, dan meningkat kembali pada siklus II menjadi 80%. (2) model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada siklus I dengan skor presentase 51% menjadi 75% pada siklus II.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Berpikir kritis, motivasi belajar, pembelajaran IPA, penerapan model problem based learning |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 12 Oct 2024 04:48 |
Last Modified: | 12 Oct 2024 04:48 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/76298 |
Actions (login required)
View Item |