Perlindungan konsumen akibat kasus phising dalam layanan online banking (Studi Putusan Nomor 100 K/Pdt.Sus-BPSK/2016)

Rahmawati, Fitri (2023) Perlindungan konsumen akibat kasus phising dalam layanan online banking (Studi Putusan Nomor 100 K/Pdt.Sus-BPSK/2016). S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1800024306_JUDUL__231018112959.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1800024306_BAB_I__231018112959.pdf

Download (303kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1800024306_BAB_II__231018112959.pdf
Restricted to Registered users only

Download (567kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1800024306_BAB_III__231018112959.pdf
Restricted to Registered users only

Download (715kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1800024306_BAB_IV__231018112959.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1800024306_DAFTAR_PUSTAKA__231018112959.pdf

Download (173kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1800024306_LAMPIRAN__231018112959.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_1800024306_NASKAH_PUBLIKASI__231018113000.pdf

Download (715kB)

Abstract

Kemajuan teknologi sangat membantu masyarakat dalam kehidupan sehari-hari, seperti contohnya dalam dunia pendidikan, ekonomi, dan kesehatan. Sayangnya, tidak sedikit konsumen yang dirugikan akibat kemajuan teknologi, sebut saja penyalahgunaan data dan informasi seseorang atau yang biasa disebut phising. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis (1) perlindungan hukum yang diberikan oleh hakim kepada konsumen yang mengalami kasus phising melalui layanan online banking (2) tanggungjawab bank mandiri terhadap konsumen yang mengalami kerugian akibat kasus phising.
Penelitian ini adalah penelitian yuridis normatif. Pendekatan yuridis normatif adalah penelitian yang difokuskan untuk mengkaji penerapan kaidah-kaidah atau norma-norma dalam hukum positif. Sumber data dalam penelitian ini adalah data sekunder yang terdiri atas bahan hukum primer, sekunder, dan tersier. Metode pengumpulan data dilakukan dengan studi kepustakaan. Metode analisis data yang diperoleh menggunakan metode deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan perlindungan hukum yang diberikan oleh hakim kepada konsumen melalui putusan tersebut belum sepenuhnya memberikan keadilan. Hakim menolak permohonan kasasi dari pihak konsumen karena putusan Pengadilan Negeri Batam Nomor 138/Pdt.Sus-BPSK/2015/PN.BTM tidak bertentangan dengan hukum dan/atau Undang-Undang. Tanggungjawab bank mandiri terhadap konsumen yang mengalami kerugian akibat kasus phising dalam putusan tersebut adalah pihak bank mandiri dibebaskan dari tuntutan tanggungjawab karena putusan BPSK didasarkan pada pertimbangan hukum yang keliru dan bank mandiri dapat membuktikan bahwa kejadian phising yang dialami nasabah diakibatkan oleh kelalaian nasabah yang tidak menerapkan prinsip kehati-hatian.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Phising, online banking, dan perlindungan konsumen
Subjects: K Law > K Law (General)
K Law > KZ Law of Nations
Divisi / Prodi: Faculty of Law (Fakultas Hukum) > S1-Law Science (S1-Hukum)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 14 Oct 2024 08:19
Last Modified: 14 Oct 2024 08:19
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/76305

Actions (login required)

View Item View Item