Mutia, Lisna (2023) Analisis implementasi pendidikan karakter pada proses pembelajaran matematika di SMP Muhammadiyah Pleret. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900006058_JUDUL__231018020804.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900006058_BAB_I__231018015352.pdf Download (304kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900006058_BAB_II__231018015352.pdf Restricted to Registered users only Download (472kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1900006058_BAB_III__231018015352.pdf Restricted to Registered users only Download (207kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1900006058_BAB_IV__231018015352.pdf Restricted to Registered users only Download (601kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1900006058_BAB_V__231018015352.pdf Restricted to Registered users only Download (193kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900006058_DAFTAR_PUSTAKA__231018015352.pdf Restricted to Registered users only Download (189kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T1_1900006058_LAMPIRAN__231018015352.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Untuk membentuk suatu karakter dibutuhkan membentuk pikiran, perasaan, dan perilaku dari individu terlebih dahulu. Pembentukan bisa dilakukan dengan pembiasaan. Penanaman kebiasaan dalam berinteraksi dengan lingkungannya biasanya diawali dengan peran orang tua dalam mendidik anak di rumah. Banyaknya peserta didik menampilkan perilaku menyimpang seperti terlambat datang ke sekolah, tidak mengerjakan tugas (PR), ribut waktu belajar, dan kurang kontrol diri merupakan bukti kurangnya karakter peserta didik. Pendidikan karakter perlu diterapkan dalam pembelajaran khususnya pembelajaran Matematika, diharapkan sebagai sarana untuk tercapainya tujuan pendidikan untuk membentuk karakter peserta didik.
Penelitian ini membahas tentang implementasi pendidikan karakter yang ada pada profil pelajar Pancasila dalam proses pembelajaran Matematika di SMP Muhammadiyah Pleret dengan tujuan pada penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengetahuan guru Matematika tentang implementasi pendidikan karakter; 2) Untuk mengetahui penanaman pendidikan karakter pada perangkat pembelajaran Matematika; 3) Untuk mengetahui bagaimana implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran Matematika. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru Matematika kelas VIII SMP Muhammadiyah Pleret. objek penelitian ini adalah implementasi pendidikan karakter pada profil pelajar Pancasila.
Hasil penelitian yang didapatkan melalui wawancara menujukkan bahwa guru sudah memahami pendidikan karakter. Guru melakukan perencanaan dengan menyusun perangkat pembelajaran yaitu modul ajar yang memuat karakter profil pelajar Pancasila. Implementasi pendidikan karakter pada proses pembelajaran Matematika sudah diterapkan oleh Guru 1 yaitu beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, dan berahlak mulia, bernalar kritis, mandiri, kreatif, gotong royong dan berkhebinekaan global, sedangkan Guru 2 yaitu beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, dan berahlak mulia, bernalar krtitis, mandiri, dan gotong royong.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Pendidikan karakter, pembelajaran matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Mathematics Education (S1-Pendidikan Matematika) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 12 Oct 2024 06:02 |
Last Modified: | 12 Oct 2024 06:02 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/76316 |
Actions (login required)
View Item |