Mar'atus Sholiha, Diniar (2023) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) matematika berbasis Discovery Learning pada materi lingkaran untuk siswa kelas VIII. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900006089_JUDUL__230622072355.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900006089_BAB_I__230622072355.pdf Download (575kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900006089_BAB_II__230622072355.pdf Restricted to Registered users only Download (797kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1900006089_BAB_III__230622072355.pdf Restricted to Registered users only Download (510kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1900006089_BAB_IV__230622072355.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1900006089_BAB_V__230622072355.pdf Restricted to Registered users only Download (190kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900006089_DAFTAR_PUSTAKA__230622072355.pdf Restricted to Registered users only Download (421kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T1_1900006089_LAMPIRAN__230622072355.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan yang diperoleh dari hasil kegiatan pra penelitian. Pemasalahan yang diperoleh yaitu belum adanya LKPD matematika sebagai bahan penunjang pembelajaran, siswa masih mengalami kesulitan ketika mengerjakan latihan soal yang berbeda dengan contoh soal, dan siswa masih mengalami kesulitan dalam mengelola informasi terkait latihan soal yang diberikan, serta media pembelajaran yang digunakan belum inovatif. Pengembangan LKPD matematika ini diharapkan dapat menjadi solusi dari permasalahan tersebut. Tujuan dari penelitian ini yaitu membuat bentuk tampilan dan mengetahui kelayakan LKPD matematika berbasis Discovery Learning pada materi lingkaran untuk siswa kelas VIII.
Penelitian pengembangan (Reseacrh & Development) ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara dan angket. Sebelum melakukan uji coba terdapat tahap validasi, yaitu validasi ahli materi yang bertujuan untuk menilai tampilan dari LKPD dan ahli media yang bertujuan untuk menilai konten yang terdapat dalam LKPD. Tahap validasi ini dilakukan untuk memperoleh hasil produk yang layak untuk diujicobakan kepada siswa. Uji coba yang dilakukan pada penelitian ini yaitu uji coba skala kecil dan skala besar. Uji coba skala kecil dilakukan untuk mengetahui kualitas produk yang dikembangkan, sedangkan uji coba skala besar dilakukan untuk medapatkan respon siswa mengenai produk yang dikembangkan. Tahap uji coba skala kecil melibatkan 4 siswa dan untuk uji coba skala besar melibatkan 30 siswa kelas VIII A dan VIII D SMP Muhammadiyah 2 Kalasan. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa ahli materi memberikan skor 111,5 dan ahli media memberikan skor 62,5 dengan kategori baik. Pada tahap uji coba skala kecil terdapat beberapa masukan diantaranya yaitu menambahkan lebih banyak materi, menyesuaikan ukuran gambar pada contoh soal, dan menyesuaikan warna latar belakang untuk judul. Produk LKPD matematika telah diperbaiki berdasarkan masukan dari siswa. Sedangkan hasil uji coba skala besar diperoleh skor 91,1 dengan kategori sangat baik, dan hasil penilaian aspek Discovery Learning diperoleh skor 24,5 dengan kategori baik. Hal ini menunjukan bahwa LKPD matematika berbasis Dicovery Learning layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Kontribusi hasil penelitian ini yaitu dapat menambah pengetahuan terkait materi lingkaran, sebagai fasilitas untuk membantu guru dalam proses pembelajaran, serta membantu siswa untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah terhadap materi lingkaran.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | LKPD, discovery learning, ADDIE |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Mathematics Education (S1-Pendidikan Matematika) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 15 Oct 2024 04:34 |
Last Modified: | 15 Oct 2024 04:34 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/76401 |
Actions (login required)
View Item |