Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline pada materi organ peredaran darah manusia kelas V sekolah dasar

Nur Rahmat Putri, Syahda (2023) Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline pada materi organ peredaran darah manusia kelas V sekolah dasar. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1800005030_JUDUL__230218080518.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1800005030_BAB_I__230218080518.pdf

Download (174kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1800005030_BAB_II__230218080518.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1800005030_BAB_III__230218080518.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1800005030_BAB_IV__230218080519.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1800005030_BAB_V__230218080519.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1800005030_DAFTAR_PUSTAKA__230218080519.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB) | Request a copy
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1800005030_LAMPIRAN__230218080519.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kedudukan teknologi dalam bidang pendidikan sangat berpengaruh dalam proses pembelajaran karena dapat membantu siswa dalam memahami materi yang diberikan. Namun, belum semua sekolah mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis teknologi, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran, yaitu media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline pada materi organ peredaran darah manusia kelas V sekolah dasar. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses pengembangan dan mengetahui kualitas media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline pada materi organ peredaran darah manusia kelas V sekolah dasar.

Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan model ADDIE dengan lima tahapan, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar penilaian. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Analisis data kualitatif untuk mendeskripsikan komentar dan saran yang diperoleh dari para ahli, respon guru, dan respon siswa. Sedangkan Teknik analisis data kuantitatif untuk mengetahui kualitas produk, serta hasil penilaian para ahli, respon guru, dan respon siswa.

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data sebagai berikut. Penilaian dari ahli media 85,8 dengan kategori “Sangat Baik”, ahli materi 80 dengan kategori “Sangat Baik”, ahli pembelajaran 85,4 dengan kategori “Sangat Baik”, serta penilaian respon guru 92 dengan kategori “Sangat Baik”, dan penilaian respon siswa 96,4 dengan kategori “Sangat Baik”. Penilaian yang diperoleh membuktikan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline pada materi organ peredaran darah manusia kelas V sekolah dasar berkualitas dan layak digunakan.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Media pembelajaran interaktif, articulate storyline, organ peredaran darah manusia, kelas V sekolah dasa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 15 Oct 2024 04:35
Last Modified: 15 Oct 2024 04:35
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/76406

Actions (login required)

View Item View Item