Fazal Maula Kamal, Muhammad (2023) Analisis nilai-nilai pendidikan toleransi sosial dalam Buku Ajar Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Ali Maksum Yogyakarta). S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900028119_JUDUL__230308114003.pdf Download (887kB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900028119_BAB_I__230308114003.pdf Download (422kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900028119_BAB_II__230308114003.pdf Restricted to Registered users only Download (613kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1900028119_BAB_III__230308114003.pdf Restricted to Registered users only Download (503kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1900028119_BAB_IV__230308114004.pdf Restricted to Registered users only Download (109kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900028119_DAFTAR_PUSTAKA__230308114004.pdf Restricted to Registered users only Download (194kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T1_1900028119_LAMPIRAN__230308114004.pdf Restricted to Registered users only Download (485kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Toleransi Sosial Dalam Buku Ajar Bahasa Arab Kurikulum 2013 Madrasah Tsanawiyah (Studi Kasus Di Madrasah Tsanawiyah Ali Maksum Yogyakarta)” tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja nilai-nilai toleransi dalam buku ajar bahasa Arab kurikulum 2013 MTs dan bagaimana pemahaman serta penerapan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan siswa di Madrasah Tsanawiyah Ali Maksum Yogyakarta. Objek material penelitian ini adalah buku ajar bahasa Arab kurikulum 2013 Madrasah Tsanawiyah dan objek formal penelitian adalah nilai-nilai pendidikan toleransi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode deskriptif kualitatif.
Berdasarkan analisis bentuk nilai toleransi sosial yang ditemukan adalah sikap sopan santun, dan sikap memahami identitas sosial. Terdapat 27 nilai toleransi sosial, berupa kalimat naratif dan percakapan. Berdasarkan wawancara yang dilakukan terhadap siswa Mts Ali Maksum dengan sampel 12 siswa meunjukkan hasil pemahaman 67% ditaraf baik, dan 33% di taraf cukup. Adapun penerapan toleransi yang sudah dilakukan siswa 58% di taraf baik, dan 42% di taraf cukup.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Pendidikan toleransi, buku ajar Bahasa Arab, kurikulum 2013 |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > S1-Bahasa dan sastra Arab |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 15 Oct 2024 04:35 |
Last Modified: | 15 Oct 2024 04:35 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/76407 |
Actions (login required)
View Item |