Analisis nilai-nilai pendidikan toleransi sosial dalam Buku Ajar Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Ali Maksum Yogyakarta)

Fazal Maula Kamal, Muhammad (2023) Analisis nilai-nilai pendidikan toleransi sosial dalam Buku Ajar Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Ali Maksum Yogyakarta). S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900028119_JUDUL__230308114003.pdf

Download (887kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900028119_BAB_I__230308114003.pdf

Download (422kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900028119_BAB_II__230308114003.pdf
Restricted to Registered users only

Download (613kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900028119_BAB_III__230308114003.pdf
Restricted to Registered users only

Download (503kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900028119_BAB_IV__230308114004.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900028119_DAFTAR_PUSTAKA__230308114004.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB) | Request a copy
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1900028119_LAMPIRAN__230308114004.pdf
Restricted to Registered users only

Download (485kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Toleransi Sosial Dalam Buku Ajar Bahasa Arab Kurikulum 2013 Madrasah Tsanawiyah (Studi Kasus Di Madrasah Tsanawiyah Ali Maksum Yogyakarta)” tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja nilai-nilai toleransi dalam buku ajar bahasa Arab kurikulum 2013 MTs dan bagaimana pemahaman serta penerapan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan siswa di Madrasah Tsanawiyah Ali Maksum Yogyakarta. Objek material penelitian ini adalah buku ajar bahasa Arab kurikulum 2013 Madrasah Tsanawiyah dan objek formal penelitian adalah nilai-nilai pendidikan toleransi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode deskriptif kualitatif.
Berdasarkan analisis bentuk nilai toleransi sosial yang ditemukan adalah sikap sopan santun, dan sikap memahami identitas sosial. Terdapat 27 nilai toleransi sosial, berupa kalimat naratif dan percakapan. Berdasarkan wawancara yang dilakukan terhadap siswa Mts Ali Maksum dengan sampel 12 siswa meunjukkan hasil pemahaman 67% ditaraf baik, dan 33% di taraf cukup. Adapun penerapan toleransi yang sudah dilakukan siswa 58% di taraf baik, dan 42% di taraf cukup.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Pendidikan toleransi, buku ajar Bahasa Arab, kurikulum 2013
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisi / Prodi: Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > S1-Bahasa dan sastra Arab
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 15 Oct 2024 04:35
Last Modified: 15 Oct 2024 04:35
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/76407

Actions (login required)

View Item View Item