Monica, Elsya (2023) Efektivitas layanan bimbingan kelompok teknik Self-Management untuk mereduksi prokrastinasi akademik siswa kelas XI SMA Negeri 2 Pangkal Pinang. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1800001234_JUDUL__230623124343.pdf Download (847kB) |
|
Text (BAB I)
T1_1800001234_BAB_I__230623124343.pdf Download (128kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1800001234_BAB_II__230623124343.pdf Restricted to Registered users only Download (262kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1800001234_BAB_III__230623124343.pdf Restricted to Registered users only Download (216kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1800001234_BAB_IV__230623124343.pdf Restricted to Registered users only Download (653kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1800001234_BAB_V__230623124343.pdf Restricted to Registered users only Download (123kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1800001234_DAFTAR_PUSTAKA__230623124343.pdf Restricted to Registered users only Download (170kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T1_1800001234_LAMPIRAN__230623124343.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Pendekatan manajemen diri adalah strategi modifikasi perilaku di mana individu membuat arah pada perilakunya sendiri melalui penggunaan teknik atau terapi. Pemanfaatan layanan bimbingan kelompok berbasis strategi self management diharapkan dapat mengurangi atau menghilangkan masalah prokrastinasi akademik pada siswa, dimana siswa yang lupa dalam mengumpulkan tugas, karena siswa tidak menyelesaikan tugas yang sudah diberikan guru ketika pembelajaran. Selain itu siswa terlalu banyak bersantai akibatnya tugas tidak dapat terselesaikan sesuai waktu yang sudah ditentukan. Penelitian ini bertujuan guna mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik self management untuk mereduksi prokrastinasi akademik siswa kelas XI SMAN 2 Pangkal Pinang.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif berbentuk penelitian eksperimen dan desain penelitian berupa True Experimental melalui pretest posttest control group design. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 10 siswa. Uji analisis pada penelitian ini menggunakan independent sample t test.
Hasil penelitian yang sudah dilakukan di SMA Negeri 2 Pangkal Pinang mengungkapkan bahwa terdapat sebuah penurunan dari perilaku prorastinasi akademik pada siswa kelas XI di kelas eksperimen sesudah diberikan sebuah treatment dengan layanan bimbingan kelompok teknik self management. Hal tersebut di dukung juga melalui uji Independent Sample T-Test Posttest Kelompok eksperimen dan kontrol sebesar -3,445 yang mana lebih besar dari t-tabel 2,306 sehingga, dinyatakan ada perbedaan skor prokrastinasi akademik siswa antara sebelum dan sesudah diberikan teknik self-management dalam bimbingan kelompok. Kesimpulan dalam penelitian ini ada efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan self management guna mengurangi perilaku prokrastinasi akademik pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Pangkal Pinang. Saran untuk sekolah agar guru bimbingan dan konseling untuk sering menerapkan berbagai strategi di dalam bimbingan kelompok untuk menangani setiap masalah pada siswa terutama yang berkaitan dengan prokrastinasi akademik.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Siswa kelas XI, bimbingan kelompok, self management |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 15 Oct 2024 01:37 |
Last Modified: | 15 Oct 2024 01:37 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/76435 |
Actions (login required)
View Item |